Rindu McDonald’s

[PORTAL-ISLAM.ID] Biasanya selama bulan suci Ramadhan, pengusaha Putra Kelana berbuka puasa bersama keluarga dan teman-temannya di beberapa gerai makanan berbeda di kotanya di Sumatera Utara.

Namun tahun ini, satu gerai tidak akan ada dalam menu: McDonald’s.

Kelana telah memboikot rantai makanan cepat saji tersebut sejak Oktober ketika McDonald's Israel mengumumkan di media sosial bahwa mereka telah menyumbangkan ribuan makanan gratis kepada militer Israel di tengah perang di Gaza.

“Ini bukan boikot langsung, melainkan perasaan sangat tidak senang dengan Israel,” kata Kelana kepada Al Jazeera.

“Dulu saya punya stiker McDonald’s di mobil saya yang memberi saya diskon saat menggunakan layanan drive-through, tapi saya merobeknya saat perang dimulai.”

“Jika saya bisa pergi ke Gaza untuk membantu melawan pasukan Israel, saya akan melakukannya. Muslim dibunuh oleh Israel setiap hari. Karena saya tidak bisa pergi ke sana secara langsung, hal terbaik berikutnya adalah menunjukkan dukungan saya dengan tidak menggunakan produk yang berafiliasi dengan Israel.”
Kelana, yang bergabung dengan grup Whatsapp di mana anggotanya secara teratur memposting daftar produk terbaru yang harus dihindari, juga berhenti minum air kemasan Aqua menyusul laporan bahwa produsen Perancis Danone berinvestasi di beberapa perusahaan dan startup Israel.

Di seluruh Asia Tenggara, seruan untuk memboikot produk-produk yang dianggap memiliki kaitan dengan Israel mempunyai dampak nyata terhadap keuntungan merek-merek besar.

Pada bulan Februari, McDonald’s mengatakan bahwa perang adalah salah satu alasan mengapa penjualan internasional hanya meningkat 0,7 persen selama kuartal keempat tahun 2023, turun tajam dari ekspansi 16,5 persen pada periode yang sama tahun sebelumnya.

“Dampak paling nyata yang kami lihat terjadi di Timur Tengah dan negara-negara Muslim seperti Indonesia dan Malaysia,” kata CEO McDonald’s Chris Kempczinski dalam laporan pendapatannya.

“Selama konflik ini, perang ini masih berlangsung […] kami tidak memperkirakan akan ada perbaikan yang signifikan.”

Merek lain yang terkena dampak boikot termasuk Unilever dan jaringan kopi Starbucks.

Unilever, yang memproduksi sabun Dove, es krim Ben & Jerry's, dan stok kubus Knorr, mengatakan pada bulan Februari bahwa penjualan di Indonesia telah mengalami penurunan dua digit selama kuartal keempat tahun lalu sebagai akibat dari “kampanye yang berfokus pada geopolitik dan berorientasi pada konsumen”.

Isna Sari, seorang ibu rumah tangga di Medan, mengatakan bahwa dia telah melakukan beberapa perubahan pada daftar belanja mingguannya sejak pecahnya perang, termasuk mengganti cairan pencuci merek Sunlight, milik Unilever, dengan merek lokal Mama Lemon.

“Saya juga mulai membeli pasta gigi Ciptadent, bukan Pepsodent, yang juga dimiliki oleh Unilever,” ujarnya kepada Al Jazeera. “Produk-produk ini tidak hanya tidak mendukung Israel tetapi juga lebih murah.”

“Alasan saya melakukan perubahan ini adalah karena saya tidak ingin memberikan uang saya kepada perusahaan mana pun yang tidak mendukung Palestina.”

Meskipun menjadi sasaran karena hubungan mereka dengan Israel, perusahaan-perusahaan yang terkena dampak dalam banyak kasus memiliki hubungan yang lemah dengan negara tersebut.

Meskipun pewaralaba McDonald’s harus membayar biaya ke kantor pusat raksasa makanan cepat saji tersebut di Amerika Serikat, sebagian besar gerai, termasuk yang dioperasikan oleh McDonald’s Israel, adalah milik lokal.

Pewaralaba McDonald’s di banyak negara mayoritas Muslim, termasuk Arab Saudi, Oman, Kuwait dan Uni Emirat Arab, telah menyatakan dukungannya bagi warga Palestina dan menjanjikan dana untuk mendukung upaya bantuan di Gaza.

Danone Indonesia, yang mengoperasikan 25 pabrik dengan 13.000 karyawan di Indonesia, membantah adanya “hubungan atau keterlibatan dalam pandangan politik” terkait perang tersebut dan tahun lalu mengumumkan bahwa mereka telah menyumbangkan 13,3 miliar rupiah ($846.000) dalam bentuk bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

Unilever Indonesia pada bulan November mengatakan bahwa mereka “sedih dan prihatin” atas konflik tersebut dan bahwa produk-produknya “dibuat, didistribusikan, dan dijual oleh masyarakat Indonesia”.

Starbucks Indonesia, seperti cabang merek internasional lainnya, dimiliki oleh perusahaan lokal, PT Sari Coffee Indonesia.

Meskipun demikian, upaya merek untuk menjauhkan diri dari perang masih belum mendapat tanggapan apa pun.

Di salah satu cabang Starbucks di Medan, seorang karyawan yang enggan disebutkan namanya mengatakan bahwa bisnis selama Ramadhan lebih lambat dibandingkan tahun lalu, meskipun ada promosi yang menawarkan minuman gratis untuk berbuka puasa.

“Ini adalah tahun pertama kami mengubah jam buka selama Ramadhan dari jam 10 pagi menjadi jam 12 siang. Kami sekarang tutup pada jam 8 malam, bukan jam 10 malam karena bisnis sangat lambat. Kami belum pernah melakukan hal itu sebelumnya,” kata karyawan tersebut kepada Al Jazeera.

Di Malaysia, pemegang waralaba Starbucks, Berjaya Food, melaporkan penurunan pendapatan sebesar 38,2 persen pada kuartal keempat tahun lalu, yang “dikaitkan dengan boikot yang sedang berlangsung”.

Pada bulan Maret, pendiri Berjaya, Vincent Tan, menyerukan diakhirinya boikot tersebut, dengan mengatakan bahwa Starbucks Malaysia dimiliki dan dikelola oleh orang Malaysia dan “di toko-toko, 80 hingga 85 persen karyawannya adalah Muslim”.

“Boikot ini tidak menguntungkan siapa pun,” kata Tan.

McDonald's Malaysia, yang dimiliki oleh Restoran Gerbang Alaf, tahun lalu mengajukan gugatan terhadap Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS) Malaysia dengan tuduhan gerakan tersebut merusak bisnisnya dengan menghubungkannya dengan perang Israel di Gaza.

Sekembalinya ke Medan, Kelana mengaku rindu menu Ramadhan McDonald's yang berisi promo khusus berbuka puasa, antara lain ayam goreng kuah kari, nasi, teh manis, dan es krim.

Meski begitu, dia tetap teguh dalam komitmennya untuk tidak memberikan uang kepada rantai makanan tersebut.

“Tidak harus drastis, kita hanya perlu melakukan apa yang kita bisa,” ujarnya. “Kita dapat mempengaruhi perubahan melalui keluarga kita dengan memilih barang yang kita beli, yang mungkin sulit dilakukan karena kita cenderung membeli produk karena kebiasaan.”

“Siapa yang tidak suka McDonald's? Terutama saus spesialnya. Tapi kita bisa hidup tanpanya,” ujarnya.

(Sumber: Aljazeera)
Baca juga :