"Pejabat Mesir" mengenakan (memalak) biaya $5.000 untuk Setiap Truk Bantuan Kemanusiaan agar bisa melintasi perbatasan Gaza

[PORTAL-ISLAM.ID]  Media Middle East Eye (30/1/2024) membongkar palak yang dilakukan "Pejabat Mesir" mengenakan biaya $5.000 untuk bisa melintasi perbatasan.

Perang di Gaza: Badan Amal mengatakan perusahaan yang terkait dengan intelijen Mesir mengenakan biaya $5.000 untuk mendapatkan bantuan melalui perbatasan

EKSKLUSIF: LSM memberikan kesaksian pertama kepada MEE (Middle East Eye) yang menunjukkan bahwa pejabat Mesir mendapat keuntungan dari situasi kemanusiaan di Gaza.

Sebuah badan amal internasional dengan pengalaman luas dalam memberikan bantuan darurat dalam perang, kelaparan dan gempa bumi di seluruh Timur Tengah dan Afghanistan terpaksa membayar $5.000 untuk sebuah truk kepada sebuah perusahaan yang terkait dengan Badan Intelijen Umum (GIS) Mesir untuk menyalurkan bantuan ke Gaza.

Badan amal tersebut, yang tidak ingin disebutkan namanya untuk menghindari hambatan terhadap upaya bantuan di Gaza, berbicara kepada Middle East Eye dengan kemarahan karena harus membayar apa yang secara terbuka digambarkan sebagai suap kepada agen yang memiliki hubungan dengan negara.

Juru bicara badan amal tersebut mengatakan: “Kami telah bekerja di seluruh dunia pada saat perang, gempa bumi, dan bencana lainnya, namun kami belum pernah diperlakukan seperti ini oleh negara yang mengambil keuntungan dari pengiriman barang-barang kemanusiaan. Ini menghabiskan banyak sumber daya kami dan suap yang dibayarkan adalah per truk.”

Badan amal tersebut mengatakan bahwa uang tersebut dibayarkan dalam bentuk “biaya manajemen” kepada perusahaan yang berafiliasi dengan Sons of Sinai, sebuah perusahaan konstruksi dan kontraktor milik pengusaha Sinai, Ibrahim al-Organi, dan bagian dari Grup Organi miliknya. Dia mengepalai suku Tarabin di gurun Sinai yang berbatasan dengan Israel dan memiliki perusahaan patungan dengan dua perusahaan milik GIS.

Dalam laporan media, Grup Organi dituduh sebagai penerima manfaat utama dari penjualan izin “jalur cepat” yang menguntungkan bagi warga Palestina yang ingin melarikan diri dari perang Israel di Jalur Gaza.

Investigasi yang dilakukan oleh Proyek Pelaporan Kejahatan dan Korupsi Terorganisir (OCCRP) dan situs independen Mesir, Saheeh Masr, menemukan bahwa perantara menjual izin keluar dengan harga berkisar antara $4.500 hingga $10.000 untuk warga Palestina dan $650 hingga $1.200 untuk warga Mesir.

Ketika keputusasaan di Gaza meningkat, biaya untuk keluar dari wilayah kantong tersebut telah meningkat hingga $10.000 per orang, menurut laporan Al-Araby Al-Jadeed baru-baru ini. Harga untuk lalu lintas komersial menuju Gaza yang dikenakan oleh perusahaan milik Organi adalah $9.000 per truk, meskipun biaya ongkos yang dikenakan oleh pengemudi truk biasanya hanya $300 per muatan.

Situasi kemanusiaan di Gaza suram. Lebih dari 26.000 warga Palestina telah terbunuh sejak perang pecah pada bulan Oktober, dan pada hari Minggu, seorang pakar PBB mengatakan kelaparan di daerah kantong tersebut “tidak dapat dihindari”.

Pekan lalu, Middle East Eye berbicara dengan lima keluarga dari Gaza yang semuanya mengkonfirmasi bahwa mereka telah membayar ribuan biaya, sebagian besar dalam dolar AS atau Euro, kepada mediator yang kemudian memfasilitasi keluarnya mereka dari Gaza.

Baca juga :