Turki mengusulkan sistem penjaminan untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina

[PORTAL-ISLAM.ID]  Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan mengatakan Ankara sedang mengusulkan rancangan rencana sistem penjamin konflik Israel-Palestina untuk mengakhiri lingkaran setan kekerasan selama beberapa dekade dan mencapai solusi dua negara.

Fidan mengatakan kepada wartawan dalam konferensi pers pada hari Senin (16/10/2023) bahwa negara-negara di kawasan, termasuk Turki, dapat berfungsi sebagai mediator permanen dalam konflik dan menjaga pihak-pihak tersebut mengawasi kemungkinan pelanggaran perjanjian bilateral.

“Kami menyarankan negara-negara yang akan menjadi penjamin bagi pihak Palestina harus berasal dari kawasan ini termasuk Turki,” katanya, menurut laporan surat kabar Hurriyet pada hari Selasa. “Negara-negara lain harus menjadi penjamin bagi Israel.”

Fidan sedang melakukan tur regional untuk membantu upaya mencapai gencatan senjata dan memfasilitasi pembebasan warga sipil yang ditahan oleh Hamas di Gaza. Dia baru-baru ini mengunjungi Kairo dan bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi. Dia dijadwalkan mengunjungi Arab Saudi akhir pekan ini, kata sumber Turki kepada Middle East Eye.

Fidan juga melakukan beberapa panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken untuk mencoba menemukan formula guna memastikan pembebasan warga sipil yang ditahan oleh Hamas dan Israel, sumber itu menambahkan.
 
Pengepungan Israel dan kampanye pemboman tanpa henti di Gaza mendorong daerah kantong Palestina yang diblokade tersebut menuju “bencana kemanusiaan” di minggu kedua perang antara Israel dan Hamas.

Konflik tersebut meletus pada tanggal 7 Oktober ketika Hamas melancarkan serangan mendadak terhadap Israel dan menerobos pagar penghalang yang kokoh, sehingga mengejutkan kekuatan militer yang bisa dikatakan sebagai kekuatan militer terkuat dan terlengkap di Timur Tengah.

Dengan menggunakan drone, para pejuang Hamas menghancurkan menara pengawasan dan komunikasi utama di sepanjang perbatasan dengan Gaza, dan di bawah perlindungan roket, mereka menguasai area seluas lebih dari 70 km persegi.

Fidan mengatakan jika Israel menginginkan perdamaian permanen di kawasan dan menjamin keamanannya, maka Palestina harus memiliki negara. Dia menambahkan bahwa tawaran sistem penjaminan Ankara hanyalah salah satu dari sekian banyak alternatif dan Turki siap mempertimbangkan alternatif lain jika mereka punya pilihan yang lebih baik.

Berdasarkan formula yang dijelaskan Fidan, penjamin kedua belah pihak akan terus bertindak untuk memastikan kesepakatan yang dicapai tidak dilanggar.

“Jika perdamaian tidak terjamin, negara Israel dan rakyatnya di kawasan tidak akan pernah merasa aman,” katanya. “Mereka akan terus-menerus merasakan kebutuhan untuk menganiaya orang lain dan menggunakan kekerasan demi menjaga keamanan dirinya. Spiral ini akan terus berputar dengan sendirinya.”

"Kecuali perdamaian terjamin, negara Israel dan rakyatnya di wilayah tersebut tidak akan pernah merasa aman," tandas Fidan.

Dalam pernyataan terpisah pada hari Selasa, Fidan mengatakan bahwa pertemuan puncak para pemimpin akan diadakan di Kairo pada hari Sabtu dengan negara-negara regional hadir untuk membahas putaran terakhir pertempuran.

(MEE)
Baca juga :