🔴 BREAKING: 20 Truk Bantuan Kemanusiaan Masuk ke Gaza Melalui Penyeberangan Rafah

🔴 BREAKING: 20 Truk Bantuan Kemanusiaan Masuk ke Gaza Melalui Penyeberangan Rafah

Dua puluh truk bantuan menyeberang dari Sinai Utara ke Jalur Gaza pada Sabtu (21/10/2023) pagi melalui perbatasan Rafah, pasokan pertama yang dikirimkan ke 2,2 juta warga Palestina di Gaza dalam waktu hampir dua minggu.

Penyampaiannya disiarkan langsung di saluran televisi di Mesir.

Sebuah sumber di Bulan Sabit Merah mengatakan kepada Mada Masr bahwa hanya 20 truk yang telah dialokasikan dalam diskusi sebelumnya yang akan memasuki Gaza, meskipun banyak bantuan telah diterbangkan ke El Arish. Bandar Udara Internasional El Arish merupakan sebuah bandara internasional yang terletak dekat El Arish, Mesir, dan merupakan bandar udara yang terdekat dengan Jalur Gaza. 

Truk-truk bantuan berbaris untuk memasuki Jalur Gaza lebih dari satu kali dalam beberapa hari terakhir, terakhir pada Jumat sore, hanya untuk kembali ke wilayah terdekat Arish tanpa bisa menyeberang ke Gaza. Masuknya bantuan telah menjadi masalah yang kontroversial, dan Israel memberikan syarat bagi masuknya pasokan yang sangat dibutuhkan.

Bantuan akhirnya masuk ke Gaza pada Sabtu pagi (21/10/2023) setelah pembebasan dua warga negara AS tadi malam yang ditawan Hamas dalam operasi 7 Oktober.

Situasi kemanusiaan di Gaza semakin memprihatinkan tanpa tersedianya pasokan bahan pokok. Menanggapi operasi Hamas pada 7 Oktober, Israel membalas dengan memutus masuknya semua makanan, air, obat-obatan dan bahan bakar sambil terus menerus menyerang jalur tersebut dengan serangan udara.

Penyeberangan Rafah telah ditutup sejak 10 Oktober ketika pertama kali dibom oleh Israel. Terminal tersebut dibom tiga kali lagi, dan Mesir mendirikan penghalang beton di depan gerbang terminal Mesir. Kru perbaikan bekerja awal pekan ini untuk mengatasi kerusakan akibat serangan tersebut, dan Mesir menghilangkan penghalang tersebut pada Kamis malam.

Baca juga :