PDIP Janji Rebut Depok dari PKS, PKS Siap Lipatgandakan Kemenangan

[PORTAL-ISLAM.ID] Ketua Dewan Pengurus Cabang PDIP Kota Depok Hendrik Tangke Allo menegaskan pada Pemilu 2024 partainya membidik 13 kursi untuk kembali merebut kursi Ketua DPRD Kota Depok.

"Kami realistis untuk target meraih kemenangan di DPRD Kota Depok, yakni 13 kursi dari 50 kursi yang tersedia," kata Hendrik usai mendaftarkan 50 Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPRD Kota Depok PDIP di kantor KPU Kota Depok, Jalan Raya Margonda, Kamis, 11 Mei 2023.

Hendrik mengklaim masyarakat Kota Depok semakin cinta PDIP dan dengan didukung kualitas kader PDIP yang mendaftar sebagai bacaleg DPRD Kota Depok, ia pun optimistis minimal dapat meraih 13 kursi DPRD Kota Depok

"Beragam kalangan mengisi slot bacaleg, kader kami ada milenial, pengusaha UMKM, pengusaha muda, tokoh masyarakat, tokog agama, hingga guru. Jadi semua komponen masyarakat kita rangkul," tuturnya. 

Hendrik yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Depok ini mengungkapkan strategi yang dilakukan bacaleg mewujudkan target menang di legislatif Kota Depok dengan turun dan datangi masyarakat langsung. 

"Sapa rakyat, tanya masalahnya apa, persoalannya apa, kemudian kasih solusi. Jangan hanya pencitraan. Jangan tanya persoalannya apa terus langsung ditinggalin," papar Hendrik.

Selain itu, dirinya menyakini tampilnya Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden dari PDIP akan mendongkrak raihan suara PDIP secara nasional.

"Kami meyakini pilihan masyarakat untuk Presiden pada 2024 adalah Ganjar Pranowo. Namun, kami tidak mau hanya efek ekor jas artinya hanya tidur-tidur saja. Tapi, tetap harus berjuang meraih suara masyarakat. Bicara PDIP, warga masyarakat semakin cinta kepada PDIP," ucap Hendrik.

PDIP pernah meraih suara terbanyak pada Pileg 2014 di Kota Depok dan menempatkan Hendrik Tangke Allo sebagai Ketua DPRD Kota Depok periode 2014-2019.

Namun pada Pemilu Legislatif 2019 lalu, PDIP keok dari PKS. PKS menjadi pemenang pemilu 2019 di Depok dengan meraih 12 kursi DPRD. Sedangkan PDIP meraih 10 kursi.

PKS ingin lipatgandakan kursi

Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kota Depok Imam Budi Hartono mengatakan jika partainya memasang target melipatgandakan raihan kursi.

Imam menegaskan bahwa partainya mengincar target 24 kursi di DPRD kota Depok, atau dua kali lipat perolehan Pemilu 2019. 

"Di 2019 alhamdulillah kami meraih 12 kursi, target di 2024 kami lipatgandakan jadi 24 kursi. Kami optimis dengan penambahan kursi yang signifikan," kata Imam di Depok, Senin, 8 Mei 2023.
Menurut Imam, target tersebut bukan tanpa alasan. Pada saat ini partainya memiliki daya dukung yang kuat. Bakal calon legislatif (bacaleg) beragam dengan basis massa dan logistik yang kuat, selain itu PKS punya kader militan.

"Kami punya 12 Bacaleg yang juga petahana di Fraksi DPRD Kota Depok, Bacaleg potensial dari latar belakang profesi dari mantan camat, pengusaha sukses hingga tokoh masyarakat asli Kota Depok yang mengakar di daerahnya. Juga Bacaleg milenial kami ada di tiap Dapil untuk menjaring suara milenial," ucap Imam yang saat ini menjabat Wakil Wali Kota Depok ini.

(Sumber: TEMPO)
Baca juga :