ARAB GALAK

ARAB GALAK

Oleh: Pakdhe Indro*

Hari ini, budhe mau sholat di masjid Nabawi Madinah. Karena saya lagi males, saya nunggu budhe di halaman masjid disamping serombongan pekerja arab yang lagi duduk-duduk istirahat. Setiap ada pekerja yang datang mereka saling bersalaman dan tertawa, saya yang duduk disampingnya disalami juga. Karena gak ngerti mereka omong apa saya cuma jawab, "Assalamualaikum" saja sambil ikut ketawa.

Salah satu pekerja mulai ngajak ngobrol dengan bahasa Inggris, dan beberapa saat kemudian kawan-kawannya menggelar plastik dan menuang 4 kotak nasi, ayam bakar, sayur, ke plastik. Kemudian saya diajak makan bersama padahal kenal juga nggak. Selesai makan bersama, saya bilang "Syukran" - karena saya ngertinyanya cuma kata itu saja.

Bayangan saya tentang cerita orang Arab yang galak dan menyebalkan, langsung hilang setelah bertemu kawan-kawan baru yang saya gak faham bahasanya. Kita makan seperti piknik pas di halaman masjid dan ada banyak security masjid juga tapi mereka juga cuma ketawa saja. Mungkin muka aneh saya membuat banyak orang gembira, atau memang aslinya mereka memang ramah seperti Rabiyah, sopir bus dari mesir yg suka ngrokok bareng saya. 

*fb
Baca juga :