Sebulan Terombang-ambing di Laut Kekurangan Makan, Ratusan Pengungsi Rohingya Terdampar di Aceh, Banyak Anak Kecil dan Sakit-sakitan

[PORTAL-ISLAM.ID]  Sebanyak 185 orang Imigran etnis Rohingya terdampar di pesisir pantai Desa Ujolung Pie, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie, Aceh, Senin (26/12/2022).

"Ada 185 imigran Rohingya yang mendarat di Pidie. Mereka mendarat pada Senin (26/12) sekira pukul 17.30 WIB," kata Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy di Banda Aceh, Senin, 26 Desember 2022.

Ia mengatakan, dari 185 imigran Rohingya tersebut, sebanyak 83 di antaranya laki-laki dewasa, 70 wanita dewasa, dan 32 anak-anak.

Saat ini, kata Winardy, seratusan imigran tersebut ditampung sementara di Aula Gampong Ujong Pie, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie. Di antara mereka ada yang sakit.

"Bagi yang sakit, mereka diobati. Muspika dan pihak puskesmas setempat memfasilitasi pengobatan imigran Rohingya tersebut," kata Winardy menyebutkan.

Winardy mengatakan, kepolisian segera berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak terkait lintas sektoral guna mengatasi dan menangani permasalahan imigran Rohingya tersebut.

Mau ke Malaysia

Pengungsi muslim Rohingya ini berasal dari Myanmar dan bertujuan mencari suaka ke Malaysia. Namun kapal kayu yang mereka tumpangi, FB Tarikul Islam, bocor dan rusak hingga terbawa angin ke perairan Aceh.

Proses evakuasi kemudian dibantu oleh Bakamla Aceh. Menurut Bakamla, kapal mengalami kerusakan mesin dan sudah sebulan terombang-ambing di atas laut dengan situasi kekurangan makanan.

Tim gabungan kemudian dikerahkan untuk menyelamatkan para imigran.

[VIDEO]