Rudal Rusia Hantam Polandia, 2 Tewas, Perang Dunia III Bisa Terjadi

[PORTAL-ISLAM.ID]  Rudal Rusia dilaporkan menghantam negara anggota NATO, Polandia. Akibatnya dua warga Polandia tewas.

Mengutip Reuters, ini terjadi pasca Rusia melakukan rentetan serangan ke kota-kota Ukraina kemarin, Selasa (15/11/2022), waktu setempat. CNBC International menulis, sedikitnya 85 rudal yang ditembakkan Rusia.

"Dua orang tewas dalam ledakan di sebuah desa Polandia dekat perbatasan dengan Ukraina pada Selasa," kata petugas pemadam kebakaran setempat.

Associated Press (AP) mengutip seorang pejabat intelijen mengatakan ledakan terjadi di desa Przewodow, Polandia timur. Ini disebabkan oleh rudal Rusia yang melintas ke Polandia.

Namun pejabat Pentagon dan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) dalam pernyataan ke wartawan mengaku masih belum mengetahui titik pasti kejadian. Namun ada dua rudal yang jatuh.

"Kami mengetahui laporan pers yang menyatakan bahwa dua rudal Rusia telah menyerang lokasi di dalam Polandia dekat perbatasan Ukraina," kata juru bicara Pentagon, Brigadir Jenderal Patrick Ryder.

"Saya dapat memberi tahu Anda bahwa kami tidak memiliki informasi apa pun saat ini untuk menguatkan laporan tersebut dan sedang menyelidiki ini lebih jauh," tambahnya.

Sementara itu, radio lokal ZET Polandia juga memberikan laporan dua rudal "nyasar" ke wilayah Przewodow dan menewaskan dua orang. Desa ini berjarak 6 km (3,5 mil) dari perbatasan dengan Ukraina.

Perlu diketahui, dalam perang Rusia dan Ukraina, NATO sendiri menegaskan tak akan terlibat di dalamnya. AS, pemimpinnya, juga menegaskan tak akan mengirim pasukan meski membantu persenjataan Ukraina.

Namun dalam Pasal 5 NATO, negara-negara NATO bisa turun menyerang suatu negara bila salah satu anggotanya diserang. NATO sendiri terdiri dari 30 negara.

*UPDATE: Pemerintah Polandia menegaskan bahwa rudal yang menghantam Polandia dan menewaskan 2 orang Polandia hari ini “adalah rudal buatan Rusia”.[@visegrad24]