Natalius Pigai: Jokowi Bikin Malu, Gagal Jaga Martabat Zelensky dan Tidak Dihargai Rusia

[PORTAL-ISLAM.ID]  Kunjungan Presiden Joko Widoodo ke Ukraina dan Rusia usai menghadiri acara G-7 mendapat kritikan dari masyarakat. Sebab tidak lama berselang dari kunjungan itu, Rusia justru semakin gencar menyerang Ukraina.

Tidak hanya itu, pihak Ukraina juga membantah klaim Jokowi yang mengaku membawa pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk Presiden Rusia Vladimir Putin. Sementara Jurubicara Kremlin Dmitry Peskov memastikan tidak ada pesan tertulis dari Zelensky untuk Putin.

Bagi aktivis asal Papua, Natalius Pigai, ada sejumlah hal yang bisa dipetik pelajaran dari kunjungan Presiden Jokowi ini.

Pertama, katanya, Jokowi tidak paham bahwa pesan dalam perang mesti tertulis. Dengan begitu tidak ada kesalahan dalam penyampaian dan penerimaan pesan tersebut.

“Kedua, (Jokowi) tidak bisa menjaga martabat Zelensky. Ketiga, serangan Rusia tanda tidak dihargai,” tegasnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (3/7).

Tidak cukup sampai di situ. Mantan Komisioner Komnas HAM itu juga menduga ada unsur bohong dunia di balik peristiwa kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina.

“Keempat, baru pertama kali dalam sejarah seorang presiden dibantah. Kelima Jokowi gagal total. Keenam bikin malu,” tutupnya.[rmol]