Luar Biasa, Shin Tae Yong!

Luar Biasa, Shin Tae Yong

Membawa Indonesia menang melawan tim Timur Tengah di laga resmi setelah sekian lama. 

Terakhir kali Indonesia menang melawan tim Timur Tengah adalah pada tahun 2011 ketika mereka mengalahkan Palestina dengan skor 4-1 di Stadion Manahan, Solo. 

Dan lebih hebatnya lagi kemenangan atas Kuwait ini menang di kandang lawan. 

Ini juga merupakan kemenangan pertama Indonesia atas Kuwait dalam 40 tahun terakhir!

TIMNAS Indonesia mematahkan rekor 42 tahun tak pernah menang atas Kuwait. Rekor buruk itu terpatahkan setelah Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait di matchday pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung di Kuwait pada Kamis, (9/6/2022) dini hari WIB.

Dalam laga yang berlangsung di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Timnas Indonesia ketinggalan lebih dulu. Adapun pencetak gol Kuwait adalah Yousef Nasser yang menceploskan si kulit bulat lewat sundulan kepalanya (40’).

Kemudian, Timnas Indonesia membalas lewat eksekusi penalti Marc Klok (44’) dan sepakan kaki kiri Rachmat Irianto (47’). 

Kemenangan ini cukup membanggakan karena Timnas Indonesia tidak pernah menang atas Kuwait dalam waktu 42 tahun.

Terakhir kali Timnas Indonesia menang atas Kuwait pada 1980. Kala itu bermain di ajang Turnamen Kemerdekaan yang berlangsung di Malaysia, Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait.

Setelah itu, skuad Merah Putih tidak pernah menang lagi melawan Al-Azraq -julukan Timnas Kuwait. Sebut saja kalah 0-5 di Asian Games 1986 di Gwangju, Korea Selatan, berlanjut imbang di fase grup Piala Asia 1996 dengan skor 2-2 dan 2000 (0-0).

Selanjutnya, Timnas Indonesia kalah 1-2 dari Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2011 yang berlangsung pada 2009, dan bermain 1-1 empat hari berselang. 

Satu hal yang pasti, kemenangan ini terasa istmewa karena didapatkan di kandang lawan.

[VIDEO Highlights - Kuwait VS Indonesia | Kualifikasi AFC Asian Cup 2023]