Masjid Syiah Dan 3 Tempat Di Afghanistan Dibom, ISIS-K Akui Bertanggung Jawab

[PORTAL-ISLAM.ID]  Afghanistan dilanda 4 teror bom di 4 lokasi berbeda pada hari Kamis (21/4/2022).

Bom pertama menghantam Masjid Syiah di Mazar-i-Sharif, Afghanistan utara. Tak kurang 25 korban tewas dan sedikitnya 40 orang luka-luka.

“Laporan awal mengkonfirmasi setidaknya ada 25 korban,” kata Zabihullah Noorani, kepala departemen informasi dan budaya provinsi Balkh, seperti dikutip dari Al Jazeera (21/4/2022).

Di hari yang sama, sebuah ledakan terjadi di Kabul. Pejabat Taliban telah mengonfirmasi bahwa setidaknya dua anak terluka dalam ledakan di Kabul di daerah pemukiman Syiah.

“Bahan peledak itu meledak di tengah jalan bagian barat Kabul, dalam lingkungan yang didominasi Syiah,” kata Jurubicara Taliban di Kabul Khalil Zadran di Twitter, dimuat oleh AP (21/4/2022).

Selain Mazar-e-Sharif dan Kabul, para pejabat Taliban mengatakan pengeboman juga terjadi di daerah “Sar-e-Durah” di Kunduz, setidaknya telah menewaskan 4 orang dan melukai 18 orang.

Jurubicara Polisi Provinsi Obaidullah Abedi mengatakan kepada AFP bahwa itu disebabkan oleh bom sepeda yang menargetkan kendaraan yang sedang mengangkut mekanik unit militer Taliban.

Pasukan Taliban di provinsi itu mengatakan, insiden itu terjadi di dekat bandara dan di depan markas polisi Kunduz.

Lebih mencekam lagi, juga terjadi pengeboman di provinsi Nangarhar. Seorang ‘Ranger’ yang membawa pasukan keamanan bersenjata Taliban dilaporkan telah dibinasakan oleh serangan bom di distrik Khogyani, menewaskan 4 orang.

Menurut AFP, militan Islamic State Khurasan Provience (ISIS-Khurasan) mengklaim bertanggung jawab atas serangan-serangan tersebut.

Dikatakan pengeboman tersebut memiliki ciri khas jaringan ISIS-K yang biasanya mengklaim melakukan serangan terhadap pemeluk Syiah.(arrahmah)