DUEL SERU Pasukan Khusus AS vs Pasukan Bayaran Rusia di Ukraina

Oleh: Fathi Nasrullah

Sekelompok eks pasukan khusus Amerika yang tergabung dalam Forward Observation Group (FOG) terjun ke Ukraina. Mereka sering disalahpahami sebagai pasukan bayaran padahal bukan. FOG memang menyediakan jasa pengamanan di luar battlefield (medan perang) untuk para tokoh politik dsb.

Tapi untuk konflik Ukraina mereka sama sekali tidak dibayar dan melakukan aksi sukarela.

Fokus mereka terutama sebagai pemandu operasi militer Ukraina. Termasuk diantara aksinya sesuai dengan namanya, Yaitu melakukan pengintaian dan memprediksi langkah-langkah Rusia.

Secara khusus FOG mempunyai misi pribadi menjadi lawan tanding Wagner, Pasukan bayaran Rusia (PMC: Private Military Contractor) yang terkenal sadis itu. FOG juga beranggotakan beberapa Blackwater, sama-sama PMC tapi dikendalikan kubu Amerika dan Barat.

Sudah menjadi rahasia umum Wagner dan Blackwater punya dendam dan persaingan pribadi. Sejak kehadiran Amerika di ladang minyak Suriah, Deirzur, yang menggunakan gabungan militer resmi dan PMC (Blackwater) sebagai pengamanan, persaingan antara kedua PMC itu makin sengit. Satu membela rezim Assad (Wagner). Satunya lagi (Blakwater) membela minyak dan kapitalisme.

Hanya karena kebijakan politik dan kedua perusahaan yang menghindari konflik antara dua kekuatan utama dunia tersebut lah baku bunuh antara keduanya bisa diminimalisir.

Tapi kini Barat dan Timur resmi berkonflik. Rusia dan Amerika diambang perang dunia. Blackwater dan para eks SOF (Special Operation Force) Amerika dan negara-negara Barat lainnya bisa menantang lawannya dari Wagner Rusia duel di Ukraina.

Jadi menarik kita ikuti. Kira-kira siapa yang akan keluar sebagai pemenang dari kedua PMC tersebut?
Baca juga :