Tertipu Akun "ALDI PRASETYO", Ngaku Mualaf Miliarder Ternyata Penipu, Fotonya Colongan

ALDI PRASETYO

Pernah mendengar nama akun ini?

Yup. Beberapa pekan kemarin jagad medsos dihebohkan dengan sepak terjang seorang mualaf yang begitu royal menebar sedekah kesana-kemari. Nominalnya pun fantastis.

Semua segmen digarap mulai dari dhuafa, janda, yatim, jobless, putus sekolah, sakit, terjerat hutang, sampai musafir dijanjikan bantuan bernilai jutaan sampai belasan juta per kepala. Total bisa milyaran rupiah yang ia janjikan.

Postingan beruntun yang begitu masif tentang niatnya bersedekah mewarnai wall akunnya setiap hari. Tentu banyak yang berminat. Dan booom, akun ini langsung banjir pujian dan followers.

Saya add Aldi dan dia meng-approved pertemanan. Penasaran ajah, koq ada milyuner sebaik ini. Agak terasa janggal karena Aldi ini fotonya laki-laki, tapi koq gaya bahasa penulisannya seperti perempuan. Foto profile-nya juga lumayan tampan.

Dalam postingannya, Aldi mengaku memiliki beberapa jenis usaha yang sukses. Ia pun ingin menyedekahkan hartanya untuk kawan-kawan se-iman barunya.  Alhasil, Aldi pun banyak dimusuhi keluarga dan kawan-kawan lamanya yang berasal dari agama dan etnis tertentu. 

Simpati untuknya pun semakin mengalir. Kawan-kawan netizen tak ragu untuk men-tag kawan lainnya yang diketahui sedang kesulitan dana agar menghubungi Aldi.

Aldi memang memberi syarat yang tergolong mudah bagi para calon penerima bantuan. Ia meminta data diri dan keluarga, fotokopi KTP, alamat, foto rumah, bukti rekam medis bagi yang sakit, data sekolah atau kampus bagi yang ingin mendapat beasiswa, surat keterangan tidak mampu dari pejabat berwenang bagi yang miskin, kronologi terjerat hutang, dll.

Tentu bagi yang benar-benar sedang dalam posisi sulit, persyaratan yang diminta Aldi bukanlah hal sulit untuk dipenuhi.

Aldi pun juga mengaku sampai memperkejakan beberapa orang admin untuk mengcounter banjirnya permintaan bantuan dari netizen yang membutuhkan.

Rencananya, dana bantuan akan ditransfer serentak di tanggal 12 Januari 2022. Tapi apa yang terjadi?

Ya, bisa dengan mudah ditebak lah.

Tiba-tiba akun Aldi Prasetyo menghilang.

Dan netizen menemukan fakta bahwa foto profil yang dipakai Aldi selama ini adalah foto curian. (foto di atas adalah foto yang dicuri akun Aldi Prasetyo, aslinya foto orang Thailand).

Innalillahi wa innailaihi roji'un.

Sungguh saya tidak ingin menyalahkan orang-orang yang tergiur memperoleh bantuan dari Aldi dan terlanjur mengirimkan data-data pribadi yang komplit dan valid kepadanya. Pasti berat sekali rasanya tertipu harapan palsu disaat sedang butuh. Apalagi membayangkan adanya resiko dari pemberian data pribadi secara sukarela ini.

Kondisi sedang susah begini, orang yang terperosok akan berusaha menggapai apa saja agar tidak terjatuh. Orang yang terhimpit akan berusaha mencari ruang apa saja yang dapat membebaskannya. Orang ysng merasa sesak dan berat akan bahagia sekali jika ada udara segar yang bisa dihirupnya meski hanya satu hembusan.

Saya do'akan mereka semua yang teperdaya agar selamat. Dilindungi Allah dari kekufuran. Dan diselamatkan Allah dari kejahatan makhluk-Nya. Aamiin Ya Mujibassailin.

Kedepan, kita harus lebih teliti dan berhati-hati. 

Untuk dunia maya, selalu sisihkan 1% kepercayaan untuk menanggapi orang-orang yang 99% terlihat sulit dipercaya. Begitupun sebaliknya, sisakan 1% ketidakpercayaan kepada mereka yang begitu terlihat sangat menyakinkan. 🙏

Ttd

(Herawati Aisha Rara)