Anies ke Makassar Bareng Petinggi NasDem, Jadi Investasi Pemilu 2024

[PORTAL-ISLAM.ID] Lawatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Makassar bersama sejumlah petinggi NasDem, dianggap investasi politik jelang Pilpres 2024. 

Pengamat Politik A. Khoirul Umam menilai, NasDem dan Anies Baswedan saling menjadi investasi politiknya untuk mempertahankan elektabilitas. 

Menurutnya, Anies bisa membantu NasDem mempertahankan elektabilitas partai di tengah renggangnya hubungan antara Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
 
"NasDem berusaha menjadikan Anies sebagai investasi politik untuk meraup efek ekor jas (coat tail effect) guna mempertahankan elektabilitas partainya," kata Umam, Senin 24 Januari 2022.

Kata Umam, tingkat elektabilitas NasDem berdasarkan hasil survei beberapa waktu terakhir mengalami penurunan dan koreksi tajam. 

"Itu terjadi karena renggangnya hubungan Surya Paloh dengan Megawati, serta tidak adanya sosok yang menjual di NasDem yang bisa diusung dalam kontestasi politik nasional," bebernya. 
 
Menurutnya, NasDem agresif mengawal Anies demi memoertahankan suara partai untuk kontestasi pada 2024 mendatang. 

"Gayung bersambut karena Surya Paloh memiliki komunikasi baik dengan Jusuf Kalla, Anies sendiri belum memiliki partai pendukung yang riil," terangnya. 

Jusuf Kalla, bisa disebut menjadi mentor politik Anies. 

Kunjungan bernuansa politik di Makassar, menurut Umam, dapat dimaknai sebagai usaha sosialisasi dan konsolidasi awal basis dukungan di Sulawesi dan Indonesia Timur secara umum.

"Tentu nuansa politik calon presiden masih dia minimalkan karena bisa bertabrakan dengan fatsun politik dan tupoksinya sebagai gubernur aktif. Tetap, upaya penggalangan dukungan itu sudah mulai tampak sinyalnya," kata Umam.

Anies pada hari Sabtu (22/1/2022) menghadiri acara Masyarakat Sulawesi Selatan Menyambut Anies Baswedan di Makassar.[fin]
Baca juga :