Serba-Serbi Penghargaan Empat Tahun Anies Memimpin Jakarta

[PORTAL-ISLAM.ID]  Selama empat tahun Anies Baswedan memimpin Jakarta. DKI Jakarta mendapatkan banyak sekali penghargaan dari berbagai bidang. 

Yang terbaru ada pemerintah Provinsi DKI Jakarta meraih penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Berkualifikasi informatif dari Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia (KIP RI) selama empat tahun berturut-turut.

Menurut Anies, kolaborasi yang baik antarbadan publik, yaitu Pemprov DKI Jakarta, Komisi Informasi, dan masyarakat sangat krusial untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik, serta menjadi bagian dari upaya memberikan jaminan informasi publik kepada seluruh warga Jakarta.

“Sepanjang tahun 2021, Pemprov DKI Jakarta terus mengembangkan inovasi dan kolaborasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi yang cepat dan akurat sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Anies Baswedan.


Tidak hanya itu saja pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapatkan perghargaan empat tahun berturut-turut.

Empat Tahun Berturut-Turut, Jakarta Jadi Provinsi Paling Demokratis

"Empat tahun berturut-turut Jakarta menjadi provinsi paling demokratis se-Indonesia! Alhamdulillah, dalam rilis Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) tahun 2020 Badan Pusat Statistik (BPS), angka IDI Provinsi DKI Jakarta menduduki peringkat satu secara nasional dengan nilai indeks sebesar 89,21," kata Anies melalui tulisan di Facebook resminya, Minggu (5/9/2021). 

Anies menyebut titel provinsi paling demokratis di Indonesia diperoleh sejak 2017. Dia menyebut, masyarakat Jakarta semakin matang dalam berdemokrasi. 

"Angka pencapaian ini menunjukkan bahwa warga Jakarta semakin matang dalam berdemokrasi. Pertumbuhan demokrasi ini hanya bisa terwujud berkat kolaborasi seluruh stakeholder dan komponen masyarakat yang telah menjaga DKI Jakarta tetap kondusif dan demokratis," tutur Anies.


Pemprov DKI Era Anies Raih Opini WTP 4 Kali Berturut-turut

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pengawas Keuangan (BPK) atas laporan keuangan tahun 2020. Raihan predikat Opini WTP ini merupakan keempat kalinya yang diraih secara berturut-turut, sejak tahun 2017, 2018, 2019, dan 2020.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, menjaga predikat Opini WTP di tengah masa pandemi Covid-19 ini menjadi lebih menantang. Pasalnya, perubahan dan rasionalisasi anggaran harus dilakukan untuk menangani pandemi virus corona serta harus mengatasi sejumlah kebutuhan besar dan bersifat mendadak di luar rencana sebelumnya.

“Mempertahankan WTP itu semakin bertambah tahun semakin sulit. Apalagi kali ini kita dihadapkan dengan pandemi. Mengatasi pandemi dengan baik sambil menjaga jalannya pemerintahan tetap prudent adalah tantangan besar,” kata Anies di Jakarta, Senin (31/5).