Lomba Mural Piala Kapolri, Netizen Diajak Bikin Mural Tragedi KM50

[PORTAL-ISLAM.ID]  Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mempersilakan peserta lomba Mural Piala Kapolri 2021 membuat karya mural dengan tema kritik atau masukan kepada Korps Bhayangkara.

"Para peserta lomba mural nanti boleh menghasilkan karya seni berupa kritikan ke Polri baik itu positif maupun negatif, tidak ada masalah," katanya dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (20/10/2021).

Listyo Sigit menerangkan salah satu tujuan ajang lomba mural ini untuk memberikan ruang kebebasan berekspresi bagi masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya membebaskan peserta lomba mural mengungkapkan semua bentuk pandangan dan ekspresi mereka.

Mantan Kadiv Propam Polri itu menegaskan Korps Bhayangkara bukanlah lembaga antikritik, sehingga dipastikan akan menampung semua masukan masyarakat. Ia juga mengklaim jajaran Polri sangat menjunjung tinggi kebebasan berpendapat. Hal ini, kata Listyo Sigit, sebagaimana sistem demokrasi yang diambil Indonesia.

"Polri tidak akan pernah antikritik. Semua masukan yang sifatnya membangun akan kita tampung, untuk dijadikan bahan introspeksi agar menjadi semakin baik ke depannya," ujarnya.

Listyo Sigit mengaku semangat Polri yang antikritik itu telah ia dorong sejak gagasan Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan (Presisi) diusungnya begitu menjabat sebagai Kapolri.

Semangat dalam gagasan tersebut, katanya, bertujuan untuk mewujudkan polisi yang tegas dan humanis.

"Karena itu, segala kritik dan masukan yang ada, akan dijadikan bahan evaluasi untuk Polri jauh lebih profesional dan baik lagi," ujar mantan Kabareskrim yang juga pernah menjadi ajudan Presiden RI Joko Widodo tersebut, dilansir CNNIndonesia.

Mural Tragedi KM50

Lomba Mural yang boleh mengkritik polri ini disambut dengan ajakan untuk membuat mural terkait Tragedi KM50.

"AYO IKUT LOMBA MURAL POLRI
AYO BUAT MURAL TRAGEDI KM 50
AYO PENUHI DINDING & JALANAN DG MURAL TRAGEDI KM 50
AYO KIRIM PESAN HUKUM & MORAL SERTA KEADILAN LEWAT MURAL TRAGEDI KM 50," demikian twit akun @TrekkingSierra.

Dalam twitnya disertakan foto salah satu mural Tragedi KM50.

Mural dengan tema Tragedi KM50 sangat tepat di saat kasus ini tengah disidangkan di Pengadilan.