Respons Anwar Ibrahim Atas Mundurnya PM Muhyiddin Yasin

[PORTAL-ISLAM.ID]  Pemimpin oposisi di Malaysia, Anwar Ibrahim memberi tanggapan atas pengunduran diri Muhyiddin Yassin dari jabatan Perdana Menteri (PM) Malaysia, bersamaan dengan kabinetnya.

"Keputusan pengunduran diri Tan Sri Mahiaddin Yassin hari ini disambut baik dan akan membuka jalan bagi perubahan bagi negara," kata Anwar lewat akun Twitternya @anwaribrahim, Senin (16/8/2021).

"Saya mengimbau semua pihak untuk tetap tenang dan berdoa agar Malaysia bangkit kembali dalam menghadapi tantangan kesehatan dan ekonomi saat ini. Saya berterima kasih atas pengabdiannya (Muhyiddin) kepada negara," tambahnya.

Muhyiddin dan kabinetnya resmi mengundurkan diri pada Senin (16/8/2021) siang pukul 15.00 waktu setempat.

Beberapa jam sebelum konferensi pers, Muhyiddin menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah pada pukul 12.30 waktu setempat.

Kini Muhyiddin menjadi caretaker atau PM sementara hingga PM penggantinya dipilih dan dilantik. 

Pasca turunnya Muhyiddin dari kursi PM, bermunculan nama-nama penggantinya.

Nama Anwar juga muncul dalam daftar nama pengganti Muhyiddin. Selain dirinya, nama Ismail Sabri, yang perannya cukup menonjol dalam menangani pandemi Covid-19, juga muncul.

Ada juga nama Tengku Razaleigh Hamzah, seorang pemimpin veteran Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO), yang disebut-sebut sebagai calon PM selanjutnya.

Siapa yang akan menjadi PM Malaysia selanjutnya tergantung keputusan Raja Malaysia.