Khabib Pertanyakan Esensi Gadis Ring UFC: Orang Paling Gak Guna di MMA

[PORTAL-ISLAM.ID]  Khabib Nurmagomedov mempertanyakan eksistensi gadis-gadis ring yang ada di UFC. Mantan juara kelas ringan itu bahkan menyebut mereka sebagai orang paling tidak penting di MMA.

Selama beberapa dekade terakhir, wanita dengan berpakaian minim telah berjalan-jalan di sekitar ring tinju dan octagon MMA di antara ronde. Mereka tugasnya untuk memberi tahu penonton ihwal ronde berikutnya.

Akan tetapi, praktik tersebut juga telah mendapat sorotan dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa penggemar menyebutnya kuno dan ketinggalan zaman.

Hal yang sama ditunjukkan oleh The Eagle. Khabib menganggap gadis-gadis tersebut tak diperlukan dan promotor bisa memberitahukan ronde selanjutnya di layar monitor.

"Dengar, saya tidak ingin menyinggung siapa pun. Gadis ring adalah orang yang paling tidak berguna di MMA. Apa fungsinya? Bagaimana? Saya punya pertanyaan: Anda dapat menunjukkan bahwa ini adalah putaran kedua di layar," kata Khabib dikutip dari Sportskeeda.

"Apakah mereka mengembangkan olahraga? Atau apakah mereka membantu orang untuk melihat bahwa ini adalah putaran kedua sekarang? Apa yang mereka lakukan? Tolong katakan," tambahnya.

Kendati demikian, Khabib sendiri tidak mempermasalahkan eksistensi gadis-gadis tersebut. Akan tetapi, ia tetap merasa tak nyaman ketika menghadiri acara dengan almarhum ayahnya.

"Misalnya saya duduk dengan ayah saya, setiap orang memiliki preferensi, budaya, dan nilainya sendiri. Saya datang untuk bertarung dan duduk dengan ayah dan gadis-gadis itu lewat," kata Khabib.

"Mereka menunjukkan kepada orang-orang bahwa ini ronde kedua, tetapi tak ada yang melihat papan itu. Saya dan ayah merasa tidak nyaman. Namun, saya tidak menentangnya juga," jelasnya.

Namun, Khabib menegaskan tak akan menampilkan gadis ring dalam ajang seni bela diri campuran (MMA) Eagle Fighting Championship yang didirikannya di Rusia.

"Kami membaca sejarah untuk menghindari kesalahan di masa depan. Kalau kami melihat sejarah, dikatakan itu tidak ada gunanya. Itu pendapat pribadi saya," tutur Khabib.

"Dana White (Presiden UFC) mungkin menyukainya, mungkin Anda juga menyukainya. Tapi nama saya bukan Dana, nama saya Khabib. Karena saya berada di dalam lingkup ini, kami telah mengatakan bahwa kami tidak akan memiliki hal-hal seperti itu," pungkasnya.
Setelah pensiun dari UFC, Khabib diketahui telah membeli lisensi kejuaraan MMA di Dagestan, Rusia, bernama Gorilla Fighting Championship (GFC).

Khabib kemudian mengganti nama kejuaraan tersebut menjadi EFC yang merupakan singkatan dari Eagle Fighting Championship.

Sebagai pemilik baru, Khabib berhak melakukan perubahan dan salah satunya adalah keputusan untuk tidak menampilkan perempuan pembawa papan ronde alias ring girl.(Kumparan)