DARK AGE di EROPA adalah GOLDEN AGE ISLAM

DARK AGE EROPA ~ GOLDEN AGE ISLAM

Dark age di Eropa adalah Golden age di Arab Islam, meski sekarang kondisinya sudah terbalik...

Kejadian-kejadian di zaman Dark Ages:

1. Dibunuhnya Copernicus karena menyebut bahwa matahari adalah pusat tata surya yang bertentangan dengan isi Bibel menurut Gereja. Galileo juga dipenjara sampai mati karena menyebt Bumi itu bundar dan mendukung teori Copernicus.

2. Orang-orang Eropa jarang mandi karena dianggap mandi membuka pori-pori sehungga bisa menyebabkan infeksi dan penyakit. Ratu Spanyol Isabel I mengaku mandi hanya 2 
kali seumur hidupnya, saat ia lahir, dan saat ia sudah menikah.

3. Orang-orang Eropa memiliki kebiasaan membuang kotoran dan urine ke jalan-jalan, sehingga jalanan berbau busuk. Para tukang daging umum menyembelih hewan di jalan dan meninggalkan darah dan organ yang tak terpakai di tanah. Parfum atau Eu de Cologne adalah solusi mereka.

4. Khalifah Harun Al Rasyid mengirimkan hadiah jam kepada Kaisar Charlemagne, rajanya Eropa. Jam yang setiap jamnya berbunyi itu, disangka oleh Kaisar Charlemagne bahwa di dalam jam tadi ada jin yang menunggunya. Sehingga tak ayal lagi kala jam itu berdentang, membuat orang-orang Eropa yang menontonnya menjadi ketakutan.

5. Bangsawan Eropa suka pesta dengan hidangan makanan berlumur darah babi. Jika perut mereka terasa penuh, maka mereka akan menempelkan sesuatu ke tenggorokan agar bisa 
memuntahkan sebagian isi perut untuk membuat mereka makan lagi.

6. Wanita Eropa menggunakan bubuk kapur, kotoran buaya, dan timah putih untuk memutihkan seluruh wajah mereka agar putih gading karena putih gading adalah simbol kecantikan saat itu meskipun kulit mereka sudah kuning langsat.

7. Orang-orang Eropa membersihkan mulut sesudah makan hanya dengan cara berkumur belum mengenal sikat gigi .

8. Cebok dengan bonggol jagung, setelah sering mencoba berbagai cara diantaranya dengan leher angsa hidup karena bulunya lembut.

9. Operasi atau bedah tanpa memahami anatomi, anestesi dan antiseptik, cabut gigi dengan tang, tangan pasien diikat.  Operasi katarak langsung dengan jarum besar menembus kornea. Pengobatan wasir dengan besi panas.

10. Wanita haid dianggap sebagai kutukan akibat dosa warisan, yaitu Hawa yang membujuk Adam memakan buah.

11.  Pembantaian terhadap sekte Maniache yang dianggap menyimpang dari doktrin Gereja karena melakukan upaya pengendalian kelahiran (KB).

12. Kelas sosial yang tajam antara Raja, Vassal, Knight, Bishop (uskup), pastor, biarawan/ti (priest), petani (serf), pedagang (merchants), artis (minstrel).

13. Wanita dilarang mendapatkan pendidikan sehingga banyak yang buta huruf. Wanita juga banyak yang dicurigai sebagai tukang sihir yang mana mereka akhirnya dihukum 
mati.

14. Para pasien yang tertular wabah sampar dianjurkan agar melakukan pertaubatan, lalu tabib akan membacakan doa-doa.Jika tabib menemukan ada cacing atau lalat atau semut 
atau apapun yang bergerak, mereka (tabib) menegaskan bahwa si sakit akan pulih.

15. Orang-orang hendak melahirkan disiapkan kain kafan serta mengakui dosa karena kematian  . Saat melahirkan, tangan ibu harus dipasung.

Peristiwa-peristiwa itu sebagian yang terjadi di Eropa abad pertengahan dan jarang diceritakan oleh film-film Hollywood. Pada film Hollywood abad pertengahan digambarkan mistis, penuh sihir, ada naga, dan penuh heroik.

Pada masa itu umat Islam justru mengalami Golden Ages. Dimana banyak sains dan teknologi dari ilmuwan Muslim. Dan peradaban Islam adalah simbol kemajuan pada zaman itu.

Sayangnya sejarah Islam lebih banyak diceritakan menonjol pada sisi perang dan berdarah-darahnya.

(Muhammad R. Ridho)