GEGER..!! Anggota Kongres AS Akui Taliban Kuasai Peralatan Militer Peninggalan AS Senilai $85 Miliar

[PORTAL-ISLAM.ID]  WASHINGTON - Anggota Kongres AS dari Partai Republik, Jim Banks, membuat statemen yang menggegerkan AS dan dunia internasional. 

Dalam sebuah siaran pers Jim Banks mengatakan bahwa akibat kelalaian AS, kini Taliban menguasai peralatan militer Amerika senilai $85 miliar.

Mantan pasukan cadangan Angkatan Laut AS ini mengatakan bahwa peralatan militer yang ditinggalkan AS dan kini dikuasai Taliban termasuk 75.000 kendaraan, lebih 200 pesawat terbang dan helikopter, lebih dari 600.000 senjata ukuran kecil dan ringan. 

Tidak hanya itu, Jim Banks mengatakan Taliban kini memiliki lenih banyak Helikopter tempur Black Hawk dari 85% (Black Hawk) yang dimiliki negara-negara di dunia.

Dan yang lebih membuat AS ketakutan, Taliban juga menguasai perangkat biometrik Handheld Interagency Identity Detection Equipment (HIDE).

HIDE digunakan tentara sekutu untuk mengumpulkan data penduduk lokal Afghanistan yang bekerja dan membantu AS selama 20 tahun di Afghanistan.

"Taliban sekarang memiliki perangkat biometrik yang berisi sidik jari, pemindaian mata, dan biografi orang-orang Afghanistan yang membantu kami," katanya.

[VIDEO]