Buat Netizen Malas Baca 👉 ALHAMDULILLAH, Serda Aprilia Manganang, RESMI JADI LAKI-LAKI 😍

Panggilan kepada:

NETIZEN MALAS BACA TAPI DI MEDSOS CEREWET DAN SOK TAHUNYA LUAR BIASA. 

SHARE yuk, biar netizen malas baca pada baca:

ALHAMDULILLAH, SERDA APRIL MANGANANG, RESMI JADI LAKI-LAKI 😍

By Fissilmi Hamida  

Adalah Serda Aprilia Manganang, anggota TNI yang melejit paskamasuk masuk Timnas Voli. 

Baru-baru ini, sebuah kabar mengejutkan datang, yaitu kabar jika Aprilia resmi dinyatakan sebagai laki-laki, bukan perempuan seperti yang dikenal publik selama ini. 

Aku menulis ini untuk para netizen yang berkontribusi dalam membuat kita mendapat predikat "Paling Tidak Sopan" di internet oleh survei Microsoft dan juga netizen yang berkontribusi pada survei UNESCO yang pernah mengatakan bahwa Indonesia menempati urutan kedua dari bawah soal literasi dunia. 

Ya gimana nggak dapat predikat begitu kalau MALAS BACA tapi di medsos CEREWET dan SOK TAHUNYA luar biasa. 😭

Di kasus Serda Aprilia Manganang ini misalnya. Banyak netizen malas baca yang auto komen:

1. DASAR KAUM NABI LUTH! MALU-MALUIN AJA!

2. MEMALUKAN! CABUT AJA KEANGGOTAANNYA!

3. KOK BISA B4NC1 JADI TNI?

4. EMANG DULU KONT*LNYA NGGAK DIPERIKSA SETAHUKU SIH KALAU MAU JADI TNI DITELANJANGI DULU, YA. 

5. AKU SIH DARI AWAL TAHU DIA COWOK. BEGO AJA SIH TNI SAMPAI KECOLONGAN. 

6. YA AMPUN, JANGAN-JANGAN SENGAJA TUH MODUS BIAR KEMARIN BISA NIDURIN ATLET CEWEK. NGERI KAUM NABI LUTH TUH. 

Dan komen-komen gelay lainnya yang membuatku berdoa semoga Allah meningkatkan literasi mereka atau melenyapkan mereka kalau mereka masih nggak mau baca juga hiks. Kesel asli sama kaum-kaum malas baca ini 😭

Tak sedikit juga netizen yang mendadak auto ahli merasa LEBIH JAGO dari dokter dan menggampangkan masalah ini dengan memberikan penilaian medis ala mereka dengan tujuan memojokkan Serda Aprilia dan pihak TNI. 

Padahal, yang terjadi adalah, Serda Aprilia ini mengidap kelainan HIPOSPADIA sejak lahir. Gugling ya apa itu HIPOSPADIA. 

Intinya, dia mengalami kelainan bentuk penis yang membuatnya terlihat seperti kelamin perempuan. BUKAN KELAMIN GANDA, YA.
Kondisinya sudah kondisi parah, bukan kondisi ringan. Sementara sejak lahir, judging dari fisiknya, dia dianggap perempuan. Semua dokumen legal juga menyatakan dia perempuan. Dia tidak pernah diperiksa secara menyeluruh karena kondisi ekonomi keluarganya saat itu. 

Aku copy-kan nih salah satu artikel dari KOMPAS.

....

Menurut KSAD TNI Andika Perkasa, kelainan hipospadia yang diderita Aprilia Manganang ketika lahir termasuk dalam kategori serius.

Karena keterbatasan peralatan medis ketika itu, Aprilia Manganang ditetapkan berjenis kelamin perempuan hanya dari tampilan fisik.

Andika Perkasa menyebut Aprilia Manganang ketika lahir tidak mendapatkan perawatan atau pemeriksaan lanjutan meskipun diketahui menderita hipospadia.

Hal itu tidak lepas dari keterbatasan ekonomi keluarga Aprilia Manganang.

Aprilia Manganang pada akhirnya tercatat sebagai perempuan di akta kelahiran maupun di kartu tanda penduduk (KTP).

Pada 3 Februari 2021, Aprilia Manganang yang juga merupakan prajurit TNI aktif dengan pangkat sersan dua (serda) menjalani pemeriksaan medis pertama.

Pemeriksaan itu dilakukan karena Andika Perkasa dan pejabat TNI lainnya melihat ada kejanggalan dalam kondisi fisik Aprilia Manganang.

Andika Perkasa kemudian memanggil Aprilia Manganang ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lanjutan di RSPAD Gatot Subroto.

Hasilnya, Aprilia Manganang dipastikan berjenis kelamin laki-laki.

Sebab, hasil pemeriksaan medis menunjukkan Aprilia Manganang lebih memiliki organ tubuh laki-laki.

Tidak hanya itu, kadar hormon testosteron yang identik dengan laki-laki juga ditemukan lebih tinggi di tubuh Aprilia Manganang.

Hasil pemeriksaan itu kemudian membuat Andika Perkasa menawarkan Aprilia Manganang naik meja operasi (correction surgery).

Andika Perkasa menyebut Aprilia Manganang sangat antusias dan senang ketika mendapat tawaran itu karena sudah menginginkannya sejak lama.

Sejauh ini, Aprilia Manganang sudah menyelesaikan correction surgery pertama dari dua tahap yang harus dijalaninya.

"Aprilia Manganang sangat tidak seberuntung kita semua. Saat dilahirkan, Aprilia Manganang mengalami kelainan dalam sistem reproduksinya. Dalam terminologi kesehatan, kelainan itu disebut hipospadia," kata Andika Perkasa kepada wartawan.

"Dari hasil pemeriksaan, ternyata Apilia Manganang lebih memiliki organ laki-laki, bahkan tidak ada ditemukan organ internal jenis kelamin wanita," tutur Andika Perkasa.

"Pemerikasaan hormonal juga demikian. Secara faktual dan ilmiah, kita bisa meyakini Aprilia Manganang adalah laki-laki," ucap Andika Perkasa menambahkan.

"Aprilia Manganang bukan transgender. Bukan juga interseks. Tidak masuk dalam kategori itu semua. Saya tahu definisinya dan tim dokter pun tahu semua definisinya," ujar Andika Perkasa.

"Aprilia Manganang menderita kelainan hipospadia. Jadi, selalu kembalikan ke situ," kata Andika Perkasa menambahkan.

Lebih lanjut, Andika Perkasa juga menjelaskan bagaimana kelanjutan karier Aprilia Manganang setelah dipastikan menjadi laki-laki.

Andika Perkasa menyebut Aprilia Manganang kemungikinan akan mendapatkan tugas dan peran baru dalam jajaran TNI AD.

Sebelum itu, Andika Perkasa akan terlebih dahulu melengkapi syarat dan prosedur perubahan jenis kelamin Aprilia Manganang terkait data kependudukan.

Ucapan Syukur Aprilia Manganang Usai Dipastikan sebagai Laki-laki

Mantan atlet voli putri Indonesia, Aprilia Manganang, mengaku bersyukur setelah dirinya dipastikan sebagai laki-laki.

Hal itu diungkapkan Aprilia Manganang dalam konferensi pers bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI, Jenderal Andika Perkasa, pada Selasa (9/3/2021) sore WIB.

Ketika hadir dalam konferensi pers virtual, Aprilia Manganang terlihat sehat dan sesekali menampakkan senyum ke kamera.

Saat diminta keterangan, Aprilia Mananang sangat bersyukur karena telah dibantu menjalani proses perubahan jenis kelamin ini.

"Ini momen yang sangat saya tunggu. Saya sangat bahagia. Saya berterima kasih kepada semua dokter yang sudah membantu saya," kata Aprilia Manganang.

"Selama 28 tahun, saya sudah menunggu hal ini. Saya bersyukur karena tahun ini bisa tercapai," tutur Aprilia Manganang.
....

Alhamdulillah petinggi TNI-bijak. Nggak kayak beberapa netizen yang malas baca tapi di medsos cerewet luar biasa. 

SEKALI LAGI, SELAMAT UNTUK MAS APRIL MANGANANG! SEMOGA CORRECTION SURGERY-NYA LANCAR. 😍

Aku bahkan terharu waktu baca testimoni rekan atlet yang mengatakan Serda Aprilia Manganang SANGAT MENJAGA JARAK padahal saat itu dia masih dianggap perempuan. Mungkin batinnya juga bergejolak karena merasa identitas gendernya ambigu. 😭 

Dia sadar dia lelaki, tapi bentuk kelaminnya seperti perempuan dan semua dokumen legal menyatakan dia perempuan. Nggak kebayang stressnya ya Allah. 😭

PASTI SEKARANG DIA LEGA BANGET 😭
Dan rambutnya langsung potong cowok, dong. 😭😍

Link-link berita terkait:

Kronologi Aprilia Manganang ditetapkan sebagai laki-laki. 

Bagaimana Aprilia Bersikap saat masih jadi atlet putri? Baca nih gimana dia SANGAT MENJAGA JARAK meski saat itu dia masih dianggap perempuan. 


Ucapan Syukur Aprilia Manganang Usai Dipastikan sebagai Laki-laki