Benarkah Produk Cina itu Murah?

Benarkah Produk Cina itu Murah?

Jawabnya: Iya jika baca realitas saat ini. 
Jawabnya: Tidak jika anda bicara logika Ekonomi!

Tidak ada produk yang murah. Semua Produk itu mengikuti logika Hukum Ekonomi dimana selalu ada "Cost" yang harus dibayar!

Masalahnya ada Cost yang dibayar dimuka, ada yang bayarnya belakangan. Pada akhirnya, produk Cina akan tetap saja jika kualitasnya sudah relatif sejajar maka harganya akan mirip.

Kenapa? Dikarenakan mereka juga ingin menikmati apa itu Wealthy dari kesuksesannya. Mana ada logikanya orang kerja bakti terus-terusan tanpa menikmati hasil?

Lihat aja itu Huawei. Aku penah jadi penggermar Huawei karena itu adalah HP Cina yang luar biasa hebat dengan harga murah. Tapi setelah mulai amat favorit itu Huawei maka harganya Huawei P30 Pro tidak beda kok dengan harga Samsung S10.

Terus ada yang bilang Amrik ndak fair ke Cina, kalah harga maka sekarang Produk Cina di-boikot dalam perang dagang.

Lah memang Cina fair dalam berdagang? Cina itu untuk pembiayaan investasinya tidak dengan cara fair, Mereka itu terapkan "Shadow Banking System", dimana mereka cetak uang sebanyak2nya lalu uang tersebut mereka salurkan ke Industrinya biar bisa buat produk yang murah! Cara cetak uang sebanyak2nya ini amat bahaya sekali bagai kestabilan mata uang dunia. Tapi mana Cina perduli itu.

Baginya setelah produknya menang dan kuasai pasar, maka uangnya yang didapat dari Shadow Banking System bisa dikembalikan. Ini juga bukan cara2 yang fair kok. Mereka abaikan sistem perbankan yang akuntabilitas. Mereka seenaknya cetak uang sebanyak2nya kok, karena merasa negara besar maka ndak ada yang berani melarangnya.

Yang mau kukatakan: TIDAK ada Produk Murah itu bagus. Yang ada adalah anda membayarnya diawal atau diakhir!

Tapi yang terpentng apapun strategi mereka, dalam bisnis ini maka pilih yang menguntungkan buat anda dan pertimbangkan resikonya.

Profit vs Risk itulah TRADE OFF-nya dalam Ekonomi.

Jadi jangan kaget juga jika banyak negara melakukan hubungan ekonomi dengan Cina yang mereka pikir awalnya untung, akhirnya malah tekor berattt bahkan buntung. Dikarenakan Cina membebankan biayanya di akhirnya!

Gitu lho memaknainya tentang Produk yang katanya murah itu...

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

(By Ferizal Ramli)

Benerkah Produk Cina itu Murah? Jawabnya: Iya jika baca realitas saat ini. Jawabnya: Tidak jika anda bicara logika...

Dikirim oleh Ferizal Ramli pada Selasa, 10 Maret 2020