Datangi FPI, Kementerian Luar Negeri RI Menunggu Keterangan Kedubes Jerman

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mendalami informasi seputar kedatangan diplomat Jerman ke markas Front Pembela Islam (FPI) di Petamburan untuk menyampaikan belasungkawa dan pesan perdamaian.

"Sejauh ini kami masih menunggu keterangan dari Kedubes Jerman," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah, dalam pesan singkat kepada Anadolu Agency, Minggu (20/12/2020).

Hingga berita ini diturunkan, Kedutaan Jerman di Indonesia belum memberikan keterangan. Anadolu Agency telah meminta konfirmasi melalui surat elektronik dan pesan singkat kepada Kedutaan Jerman sejak Sabtu.

Sebelumnya, pada Sabtu, pengacara FPI Aziz Yanuar membenarkan perwakilan Kedutaan Besar (Kedubes) Jerman mendatangi kantor Sekretariat FPI di Petamburan, Jakarta Pusat.

Kehadiran diplomat Kedubes Jerman itu untuk menyampaikan rasa duka mendalam atas tewasnya enam laskar di Tol Jakarta-Cikampek KM 50 Karawang, Jawa Barat.

“Mereka menyampaikan rasa simpati dan empati buat FPI dan Imam Besar Habib Rizieq Shihab,” ujar Aziz kepada Anadolu Agency pada Sabtu.

Kedatangan utusan pemerintah Jerman, kata Aziz, juga dalam rangka silaturahmi dengan pengurus FPI dan menyampaikan pesan perdamaian.

“Mereka ingin tahu FPI secara langsung,” kata Aziz yang juga pengacara Muhammad Rizieq Shihab.

Pertemuan antara FPI dan perwakilan otoritas Jerman itu berlangsung sekitar 30 menit, pada Kamis lalu.

Meski berlangsung singkat, pihak Kedubes Jerman, terang Aziz, berniat kembali melakukan pertemuan dengan FPI.

“Mereka berjanji akan mengunjungi DPP FPI kembali,” tutur Aziz.

Keterangan Munarman

Juru Bicara Front Pembela Islam (Sekum FPI) Munarman mengabarkan bahwa perwakilan Kedutaan Besar (Kedubes) Jerman mendatangi kantor Sekretariat FPI di Petamburan, Jakarta Pusat, Kamis (17/12/2020) kemarin.

Dalam kedatangannya itu, pihak Kedubes Jerman menyampaikan rasa duka mendalam kepada FPI atas peristiwa tewasnya enam laskar di Tol Jakarta-Cikampek KM 50 Karawang, Jawa Barat.

"Dari pihak Kedubes Jerman menyampaikan turut dukacita dan belasungkawa atas kejadian dibunuhnya enam syuhada," kata Munarman dalam pesan singkatnya kepada jpnn.com, Sabtu (19/12).

Namun, Munarman tidak tahu rencana ke depan setelah pertemuan pihak Kedubes Jerman dengan pihak FPI.

Termasuk, katanya, soal rencana pihak Kedubes Jerman mengundang perwakilan FPI.

"Mereka sudah pegang nomor kontak, sewaktu-waktu komunikasi akan dilanjutkan," ujar Munarman.

Namun, kata Munarman, terlepas ada atau tidaknya tindak lanjut dari pertemuan, kedatangan pihak Kedubes Jerman ke kantor sekretariat FPI menandakan dunia internasional mulai menyoroti kasus enam laskar FPI.

"Perhatian Internasional terhadap kasus extra judicial killing (pembunuhan diluar hukum) enam syuhada akan berdampak pada reputasi Indonesia di dunia internasional," beber dia
Sementara itu, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Munarman mengirimkan dua buah foto yang memperlihatkan perwakilan duta besar negara Jerman menyambangi maskar syariah FPI di Jalan Paksi, Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Tampak dari foto, perempuan dengan rambut pirang dikuncir mengenakan baju biru masuk ke sekretariat, sementara foto lainya menunjukan satu unit mobil mercy dengan plat nomor kendaraan Diplomatik terparkir tak jauh dari kantor sekretariat FPI.

Sumber: Anadolu, JPNN, RMOL