Survei CRC Pilkada Medan: Akhyar 41,25%-Bobby 33,75%


[PORTAL-ISLAM.ID]  Medan - Lembaga survei City Research Center (CRC) merilis survei popularitas dan elektabilitas terhadap dua bakal paslon di Pilkada Medan, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dan Bobby Nasution-Aulia Rachman. Bagaimana hasilnya?

Survei CRC ini dilakukan pada 7-11 September 2020 menggunakan teknik multistage random sampling terhadap 400 orang responden dengan margin of error kurang lebih 5%. Para responden merupakan penduduk Medan dengan usia di atas 17 tahun atau yang telah menikah.

Pengambilan data dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuisioner. Kendali kualitas dilakukan secara acak terhadap 10% dari total sampel oleh supervisor.

"Survey dilaksanakan pada tanggal 7 hingga 11 September 2020. Jumlah responden pada survei ini adalah 400 orang," ujar Direktur Riset CRC, Ara Auza, saat rilis hasil survei di Cafe Keumalahayati, Jalan Sei Serayu, Medan, Senin (14/9/2020).

Sampel tersebar di 21 kecamatan se-Kota Medan. 34,5% responden merupakan warga berusia 17-25 tahun.

Ara menjelaskan survei ini bertujuan untuk mengetahui persepsi publik terkait program Pemko Medan, permasalahan di Medan, serta isu-isu yang menjadi perhatian masyarakat. Survei juga dilakukan untuk mengukur popularitas dan elektabilitas bakal paslon yang telah mendaftar ke KPU Medan.

"Kemudian untuk mengukur tingkat pengenalan publik (popularitas) terhadap pasangan calon kepala daerah yang telah mendaftarkan diri ke KPU Medan," ujar Ara.

Dalam survei ini, 64,25% responden menyatakan tidak puas dengan kinerja Pemko Medan, sementara 35,75% menyatakan puas. Masalah yang paling dikeluhkan oleh responden adalah kemacetan lalu lintas disusul masalah keamanan dan ketertiban.

Selain itu, survei CRC ini juga menyebut 69,5% responden sudah mengetahui adanya pilkada dan 30,5% lainnya mengaku tidak tahu. Lalu bagaimana tingkat popularitas dan elektabilitas dua bakal paslon di Pilkada Medan?

"Elektabilitas Wali Kota paling besar pilihan responden adalah paslon Akhyar Nasution-Salman Alfarisi yaitu 41,25% pada pertanyaan tertutup dan 35% pada pertanyaan terbuka (top of mind)," kata Ara.

Berikut hasil survei popularitas dan elektabilitas:

Popularitas:

Pertanyaan yang diajukan ke responden: Apakah bapak/ibu, saudara/i pernah mendengar nama-nama ini?

Hasil:

Cawalkot
Akhyar Nasution: 98,25%
Bobby Nasution: 97,25%

Calon Wakil Wali Kota
Salman Alfarisi: 85,50%
Aulia Rachman: 74,75%

Elektabilitas:

Pertanyaan terbuka (top of mind): Jika pilkada Medan dilaksanakan hari ini, siapa pasangan calon yang akan bapak/ibu, saudara/i pilih?

Hasil:

Akhyar-Salman: 35%
Bobby-Aulia: 29,25%
Tidak tahu: 35,75%

Simulasi dengan menyebutkan nama paslon: Jika pilkada Medan dilaksanakan hari ini, siapa pasangan calon yang akan bapak/ibu, saudara/i pilih?

Hasil:

Akhyar-Salman: 41,25%
Bobby-Aulia: 33,75%
Tidak tahu: 25%

(Sumber: detikcom)

***

Partai Pengusung:

(1) Bobby Nasution - Aulia Rachman: Diusung oleh PDIP, Gerindra, PAN, Golkar, NasDem, PSI, Hanura dan PPP

(2) Akhyar Nasution - Salman Alfarisi: Diusung oleh Partai Demokrat dan PKS