Situs Media TEMPO Kena Hack, Netizen: Dulu Pendukung Utama Jokowow, Begitu Beda Langsung Diretas


[PORTAL-ISLAM.ID]  Situs berita tempo.co dari Tempo Media Group diserang pihak tak bertanggung jawab dengan aksi peretasan pada Jumat dini hari, 21 Agustus 2020.

Pemimpin Redaksi Tempo.co Setri Yasra membenarkan adanya aksi peretasan berkali-kali terhadap situs berita tempo.co dari Tempo Media Group. Setri menganggap aksi ini salah satu upaya menggangu kerja jurnalistik yang sedang dilakukan, aktivitas rutin yang dilakukan dan diatur oleh Undang-Undang atau UU Pers.

"Kami mengecam siapapun yang berupaya mengganggu tugas media dalam memenuhi hak publik atas informasi yang relevan dan terpercaya," kata Setri saat dihubungi di Jakarta, Jumat, 21 Agustus 2020, seperti dilansir Tempo.

Sebelumnya, aksi peretasan terjadi sekitar pukul 00.40 WIB, di hari yang sama. Saat diretas, tampilan ditutupi oleh layar hitam. Di dalamnya tertulis, "Stop Hoax, Jangan BOHONGI Rakyat Indonesia, Kembali ke etika jurnalistik yang benar patuhi dewan pers. Jangan berdasarkan ORANG yang BAYAR saja. Deface By @xdigeeembok."

Ketika diklik, maka akan beralih langsung ke akun twitter @xdigeeembok. Di twitter, sang pemilik akun menuliskan cuitan #KodeEtikJurnalistikHargaMati pada pukul 00.51 WIB.

Setri juga mengatakan berbagai upaya mengganggu tersebut dikategorikan sebagai upaya pembungkaman. Menurut dia, upaya ini tidak akan berdampak apa-apa terhadap Tempo.

Menurut dia, Tempo akan tetap dan terus bekerja seperti biasa. "Menyampaikan informasi di lapangan untuk kepentingan publik dan republik," kata dia.

Meski demikian, situs tempo.co sudah bisa diambil alih kembali sejak pukul 01.30 wib. Tampilan situs Tempo pun sudah kembali normal seperti sedia kala.

Tanggapan Netizen

Akhir-akhir ini Tempo memang kerap mengkritik pemerinatahan rezim Jokowi.

"Padahal Tempo dulu media pendukung utama Jokowow. Begitu berbeda sedikit langsung diretas," ujar @panca66 di twitter.

"Sampai ada tuh foto Pemred Tempo main sepeda2an dan main tukang kayu bareng Jokowow," lanjut @panca66.

loading...