Kuliah dan Beasiswa di Qatar


Kuliah dan Beasiswa di Qatar

Oleh: Ali Murtado (@alimurtado_id)

(1) Mau share dikit ya soal pendidikan dan beasiswa di Qatar. Jadi Qatar itu salah satu negara yang memiliki sistem pndidikan terbaik d Timur Tengah. Universitas-universitas d Qatar seperti Qatar University atau Hamad bin Khalifa University langganan masuk 5 besar Universitas terbaik di Timteng.

(2) Selain QU dan HBKU, di Qatar juga banyak sekali Universitas asing seperti Georgetown University (@GUQatar) atau Northwestern University (@NUQatar). Semuanya punya keunggulan masing-masing, GUQ misalnya, unggul dalam HI dan Diplomasi, NUQ kuat di bidang komunikasi.

(3) Nah yang unik, karena negaranya kecil, Pemerintah Qatar menempatkan hampir semua lembaga pendidikannya, termasuk sekolah, universitas atau lembaga riset dalam satu kompleks yang lengkap dan modern. Namanya Education City.


(4) Di Education City ini ada sekurangnya 11 sekolah, 9 universitas dan 3 lembaga riset. Semuanya mendapat sokongan penuh dari pemerintah. Endowment Fund (semacam dana wakaf) untuk sekolah-sekolah ini nyaris tak terbatas. Secara Qatar tajir melintir yaa.

(5) Universitas-Universitas di Education City penuh dengan mahasiswa asing. Dosen-dosen yang mengajar disana pun rata-rata berasal dari Universitas luar Qatar. Jarang banget orang Qatar asli yang ngajar. Mungkin karena mereka terlanjur beunghar :)

(6) Truss apa wajib bisa bahasa arab untuk sekolah di Qatar? Jawabnya nggak harus. Hampir semua Universitas di Qatar baik S1, S2 atau S3 kebanyakan menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris. Untuk Bahasa Arab biasanya digunakan di jurusan Islamic Studies atau Sastra.

(7) Cuma.. walopun ga wajib pake bahasa arab, tapi namanya sedang menuntut ilmu, baiknya tetap pelajari bahasa arab. Dengan menguasai bahasa arab pasti akan membantu banget terutama untuk mengakses literatur atau memperluas pergaulan.

(8) Trus rata-rata Universitas di Qatar itu sudah ada kerjasama dengan berbagai lembaga disini, jadi kebanyakan lulusannya bisa langsung kerja. University of Calgary (@UCQNursing) misalnya sudah kerjasama dengan institusi kesehatan terkemuka di Qatar, Hamad Medical Center. Jadi, banyak mahasiswanya disalurkan kesana.

(9) Nahh sekarang masuk soal beasiswa. Pemerintah Qatar termasuk yang sangat generous (dermawan) ngasih beasiswa. Kebanyakan beasiswa disalurkan melalui Qatar Foundation (QF), sebagian lagi langsung melalui Universitas-Universitas di Qatar.

(10) Secara umum, beasiswa di Qatar terbagi dua. Satu Full Scholarships, yang kedua adalah Financial Aid. Full Scholarship diberikan kepada mereka yang sudah menempuh pendidikan di Qatar paling tidak dua semester dengan prestasi yang istimewa (IPK min 3.6).

(11) Selain IPK, kreasi dan karya mahasiswa juga akan dinilai. Mereka yang menerima Full Scholarships selain menerima pembebasan tuition fees (biaya kuliah) juga mendapat akomodasi dan uang saku. Bukan itu saja, buku dan riset juga ikut dibiayai.

(12) Kategori kedua namanya Financial Aid. Jenis beasiswa ini biasanya diberikan kepada mereka yang baru mendaftar ke Universitas di Qatar. Meski tidak sebanyak dan se-wah Full Scholarships, Financial Aid tetap cukup untuk membiayai kuliah (tuition) di Qatar.

(13) Mereka yang masih merasa kurang, jangan khawatir, Universitas di Qatar biasanya memperbolehkan mahasiswanya bekerja paruh waktu, terutama di lab-lab di Universitas. Dan itu berbayar (mendapat bayaran).

(14) Tapi beneran ya, anak-anak Indonesia itu keren banget, tahun lalu ada anak Indonesia yang meraih Sheikha Mozza Scholarship. Ini jenis beasiswa paling prestisius di Qatar. Beasiswa ini diperebutkan ribuan pelamar dan hanya dua orang yang terpilih. Dan anak Indonesia dapat.

Bagi yg pengen kenal atau mau nanya2 ttg beasiswa tsb, orangnya bisa ditemui di akun IG @izzaalyssa :)

(15) Tapi dengan berbagai keunggulannya, tetap ada yang perlu diperhatikan kalo mau kuliah disini. Pertama soal culture shock. Namanya kuliah di negeri asing dengan budaya dan bahasa yang beda, pasti stres di awal-awal. Kuncinya banyak bergaul aja.

(16) Kedua, biaya hidup. Qatar itu salah satu negara terkaya di dunia. Otomatis biaya hidup disini sangat mahal. Jadi meskipun dapat beasiswa, untuk kamu yang berencana sekolah disini tetap harus berhemat, atau sesekali kerja paruh waktu di Universitas.

(17) Ketiga, cuaca. Ini juga penting terutama bagi mereka yang ada resiko kesehatan. Cuaca disini ekstrem. Di musim panas seperti sekarang suhu bisa 40 derajat di pagi hari. Kebayang kan pas siang? Nah pas musim dingin, suhunya bisa anjlok ke belasan derajat.

(18) Terakhir, klo sudah jadi mahasiswa disini tetap perlu perhatikan dokumen-dokumen kekonsuleran/keimigrasian yang ada. Untuk kepentingan ini para mahasiswa harus rajin-rajin berhubungan dengan @KBRIDoha.

(19) Cukup dulu yaa. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Harapannya makin banyak anak-anak Indonesia yang pintar. Tentu tidak harus dg kuliah di Qatar, tapi negara ini bisa jadi alternatif, terutama bagi kamu yang tertarik dengan ngulik-ngulik Timur Tengah.

*Sumber: Twitter @alimurtado_id

[THREAD]