Netizen Bandingin "Pawang Geni Jokowi" dengan "Robot Canggih Anies"


[PORTAL-ISLAM.ID]  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kini memiliki robot pemadam kebakaran super canggih. Ini yang pertama di Indonesia. Salah satu gebrakan dari Gubernur Anies Baswedan.

Ada dua jenis robot yang kini dimiliki Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta. Robot pemadam kebakaran jenis MVF-S U3 dari Kroasia. Yang kedua robot jenis LUF 60 dari Austria.

Dua unit robot pemadam kebakaran Damkar DKI Jakarta ini didemonstrasikan di Kantor Dinas PKP DKI Jakarta, Duri Pulo, Jakarta Pusat, Kamis (13/2/2020).

Saat kedua robot pemadam kebakaran ini didemonstrasikan, wartawan yang meliput sampai takjub.

"Kalau ditanya soal kecanggihannya, ini super canggih sekali," kata reporter TV dari Liputan6 SCTV.

***

Netizen pun membandingkan gebrakan Anies ini dengan "gebrakan" Jokowi saat jadi gubernur DKI dalam hal pemadam kebakaran yang dikenal dengan "Pawang Geni" yang kemudian mangkrak.

Pawang Geni Jokowi Merana dan Mangkrak

Alat pemadam kebakaran (damkar) manual, Pawang Geni, yang diusung Jokowi saat menjabat Gubernur DKI Jakarta, tidak banyak dimanfaatkan warga dan banyak terbengkalai, akhirnya hanya diletakkan di pinggir jalan.

“Mau ditaruh di mana lagi, ya biarkan saja di situ dulu, kalau kebakaran juga susah dorong-dorongnya,” ujar Heru salah satu warga.

Pada 2013 lalu, Pawang Geni juga gagal memadamkan api dalam simulasi kebakaran di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kebakaran (Pusdiklatkar), Ciracas, Jakarta Timur. Totalnya, ada 65 unit Pawang Geni.

Menurut salah satu PNS di Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, selama ini ia bertugas, belum ada warga yang memadamkan api dengan Pawang Geni saat terjadi kebakaran.

“Saat mau dicoba, pasti saja ada masalah, itu sangat mudah rusak. Setahu saya belum pernah ada warga yang pakai untuk memadamkan api,” katanya, seperti dilansir wartakota.


"Pawang Geni Jokowi  2012 (Status: Ghoib)
Robot Pemadam Anies 2020👍🏿," ujar netizen akun @EnggalPMT.

Baca juga :