"Smart Policy" Anies Baswedan


[PORTAL-ISLAM.ID] Bro, kegelian gw baru aja ilang liat "atraksi panggung" anggota DPRD di DKI. Biasanya kalau orang baru itu wajib nanya. Minimal dia bilang gini, "maaf ya saya orang baru. bisa dijelasin maksudnya?" Jadi enggak diketawain banyak orang.

Loh emang kenapa Bro? Itu yang lagi pada piral soal aibon.

Ibarat wasit, itu pemain lagi pada latihan. Oper sana oper sini, bikin gaya ini gaya itu dan pelatihnya juga ada baru kasih instruksi bahkan sambil sedikit ngomel, eh tiba-tiba ada wasit udah niup pluit. Dia tiup itu pluit sekenceng-kencengnya dan dia pikir offside. Lucunya dia keluarin tuh kartu kuning, kan jadi diketawain banyak orang. Bener sih yang dia keluarin kalau emang lagi pertandingan. Tapi kalo lagi latihan kan buat apa Bro? Kira2 begitu dah perumpamaannya.

Cuma kali ini gw nggak mau bicara soal itu Bro. Tapi soal kebijakan Gubernur DKI Anies Baswedan yang gw nilai cukup cerdas.

Apa itu Bro? Jadi ada tuntutan buruh soal UMP sebesar 4,6juta. DKI cuma mampu menuhin sekitar 4,2juta tapi sisanya dikompensasiin lewat yang lain, yakni kartu pekerja. Di kartu pekerja itu mereka dapet konpensasi macem-macem. Alih-alih mau nuntut 4,6 juta, dengan pola seperti itu malah buruh sebenarnya bisa dapet lebih dari yang dia tuntut.. Bisa 5-6 juta bahkan lebih Bro, kan bagus toh?

Fasilitas dan manfaat yang diberikan ada beberapa Bro, semisal:

1. Fasilitas gratis naik bus TransJakarta di 13 Koridor.

2. Fasilitas keanggotaan Jakgrosir yakni dapat berbelanja produk kebutuhan sehari-hari dengan harga yang murah di Jakgrosir.

3. Fasilitas penyediaan pangan dengan harga murah yakni dapat berbelanja 5 item pangan diantaranya beras, ayam, daging sapi/kerbau, ikan kembung dan telur dengan harga yang telah disubsidi.

4. Fasilitas KJP Plus serta kuota jalur afirmasi bagi anak pekerja.

Inilah kreativitas seorang pemimpin. Jadi pemimpin itu memang harus jadi probelm solver Bro bukan malah menjadi bagian dari masalah atau beban masyarakat. Bukan juga cuma bisa teriak radikal radikil radikul. Tapi apa yang terbaik yang bisa dilakukan buat rakyatnya. Begitu Bro.

02/11/2019

(By Kusairi Muhammad)

*NB: Kartu Pekerja ini sudah mulai diluncurkan tahun lalu.
loading...
Loading...