MEMANG TAK BISA MEMIMPIN dan TAK LAYAK JADI PEMIMPIN


[PORTAL-ISLAM.ID]  MEMANG IA TAK BISA MEMIMPIN

Ketika lapis organisasi di level bawah tidak bekerja maksimal, maka biasanya pimpinan akan mengambil alih tugas dan fungsi departemen yang dianggapnya tidak berjalan.

Kondisi ini sangat wajar ia lakukan, sebab tak ada pimpinan yang tak ingin target dan pencapaian organisasinya tidak berjalan mulus. Kalau tidak turun, ia sendiri yang nantinya akan dinilai gagal mengelola organisasi, institusi bahkan sebuah negara. Maka, jika anda melihat seorang bos berjualan, janganlah heran. Itu karena anak buahnya mandul alias gagal menjual produk mereka.

Tapi persoalannya, pemimpin itu punya scope tugas yang lebih luas, lebih general, dan lebih bersifat strategis, bukan lagi mengurusi soal-soal teknis. Kalau bos masih menjual produk, untuk apa dia menjadi bos? Apa kerja anak buahnya?

Sampai disini kita menjadi paham, bahwa sejatinya persoalan ini dimulai dari pemimpin itu sendiri. Ia yang tak bisa memimpin. Ia yang gagal menggerakkan roda organisasi dan ia yang tak menguasai teori dan praktik kepemimpinan sehingga tak layak menjadi pemimpin.

(By Yanto Hendrawan)

loading...
Loading...