Kalau Jadi Diluncurkan, Sandiaga Uno Mau Jadi Pembeli Pertama Mobil Esemka

Body

[PORTAL-ISLAM.ID] Calon wakil presiden Sandiaga Uno bertekad menjadi pembeli pertama mobil Esemka yang direncanakan diluncurkan pada tahun 2018 ini.

"Kita akan sangat menunggu dan insya Allah akan jadi pembeli pertama nanti," kata Sandi dalam safari Politiknya di kabupaten Tangerang, Kamis (1/11/2018).

Dirinya juga sangat mendukung kehadiran mobil nasional Esemka itu, agar bisa memberi efek manfaat besar dalam kehidupan ekonomi masyarakat.

Terkait keterlambatan mobil Esemka yang digadang-gadang diluncurkan bulan Oktober, Sandi husnudzon ada kendali teknis.

"Saya sangat mendukung mobil esemka itu, karena mobil nasional ini sudah lama kita tunggu dan mungkin kita husnuzon saja. Bahwa mungkin ada delay teknis dan sebagainya, saya yakin Esemka untuk membuka lapangan pekerjaan seluasnya," ucap Sandi.

"Mobil dengan teknologi tinggi ini sudah ditunggu 5 tahun, karena kemarin kan Pilpres 2014 akan dilaunching dan sekarang Pilpres 2019 akan dilaunching, kita akan sangat menunggu dan insya Allah saya akan menjadi pembeli pertama," ucap Sandi.

Sebelumnya, Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut Esemka akan diluncurkan pada Oktober 2018.

"Bulan Oktober nanti akan diluncurkan mobil nasional bernama Esemka, yang dulu pernah dirintis oleh Pak Jokowi. Akan diproduksi besar-besaran," kata Ma'ruf Amin di Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris), Jember, Kamis, 27 September 2018.

Sementara Jokowi, saat dimintai komentar tentang Esemka, mengatakan bahwa mobil Esemka bukan urusan pemerintah. Tugas pemerintah hanya mendorong agar mobil tersebut segera uji emisi dan laik jalan.

"Setelah jadi, ya, diserahkan kepada industri. Mau diproduksi atau tidak produksi, ya bukan urusan kami lagi," kata Jokowi di Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang, Rabu, 24 Oktober 2018 lalu. [merdeka]


Baca juga :