PAN Dukung Prabowo, MenPAN RB Asman Abnur SIAP Mundur dari Kabinet


[PORTAL-ISLAM.ID]  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan menemui Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Selasa, 14 Agustus 2018 pagi tadi.

Menteri Asman menyampaikan keinginan untuk mundur dari kabinet. Langkah tersebut ingin dia ambil karena Partai Amanat Nasional (PAN) mengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

"Tadi pagi saya menghadap Pak Pratikno ingin menyampaikan kegalauan saya. Kan saya ini menteri dari PAN, sementara PAN ini tidak mendukung Pak Jokowi," kata Asman, seperti dirilis KOMPAS.

"Tentu saya harus berpikir jangan sampai saya jadi beban pemerintah, beban Pak Presiden. Kalau diperkenankan, saya mohon kalau bisa diizinkan untuk mundur," kata dia.

Menurut Asman, dalam pertemuan itu, Pratikno mengaku akan menyampaikan terlebih dulu kepada Jokowi terkait keinginannya untuk mundur dari kabinet.
Ia belum mengajukan surat pengunduran diri secara resmi.

"Baru penyampaian secara lisan saja. Kalau saya diperkenankan. Tidak bagus saya jadi beban," ucap dia.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Sekretaris Kabinet Pratikno mengatakan Presiden Jokowi sangat puas dengan kinerja Asman sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Presiden sangat puas, satisfied dengan kinerja pak Asman. Sangat puas, sekali lagi saya katakan sangat puas bukan hanya puas," ucapnya.

Presiden Jokowi melantik Asman Abnur sebagai Menpan RB pada 27 Juli 2016. Pengangkatan Asman ini tidak lepas dari perubahan sikap PAN yang begabung dengan Koalisi Indonesia Hebat atau pendukung pemerintah.

Sebelumnya, dalam pemilihan presiden 2014, PAN berada di Koalisi Merah Putih yang mendukung pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa. Pada September 2015 PAN memutuskan keluar dari KMP dan bergabung dengan pemerintah.