Hidung Gatel Sakit Hipokalemia, Bisa Dipicu Oleh Konsumsi Sabu-sabu


by Adi Nugraha

[Rame bahas video hidung gatel hari ini]

Katanya, "Apaan sih orang Indonesia ini, orang hidungnya lagi gatel aja dipermasalahkan.. Dasar ga ada kerjaan..." :D

Ya emang banyak orang, termasuk saya, lagi ga ada kerjaan karena udah malem, udah pulang ke rumah...

Kerjanya ya mulai lagi besok pagi..

Emangnya saya presiden, yang kalian klaim kerja non stop siang malem... :P

Okelah..
Singkat aja sih curhatan saya kali ini tentang hal yang rame dibahas hari ini di dunia maya.

Soal hidung gatel..

Tau lah ya kita semua, siapa empunya hidung yang lagi dibahas, udah pada nonton videonya kan...

Tadi siang saya baca beberapa berita di salah satu portal berita yang dikenal satu 'kubu' dengan pemerintah, sebut saja namanya 'detak dot com'.

Isinya tentang semacam klarifikasi, pembelaan, dan penjelasan tentang penyakit Hypokalemia (hipokalemium) yang ujarnya menyerang si empunya hidung gatel.

Sepanjang jalan menuju pulang tadi saya jadi terpikir macem - macem gegara baca itu berita, sampai lupa padahal niatnya pas pulang saya mau mampir beli martabak.. (ga penting ah...)

Yang saya pikirin...

(1) Di banyak berita yang saya baca, kok kayaknya ada usaha 'melindungi' dengan cara mengklarifikasi, majang foto si pemilik hidung lagi terbaring di ranjang rumah sakit, hingga ngasih kuliah panjang lebar soal sakit Hipokalemium sampai ada narasumber dari dokter pula..

https://m.detik.com/news/berita/d-3555219/penjelasan-boni-hargens-soal-sakit-dan-penghentian-live-tvone

https://m.detik.com/news/berita/d-3555177/tepis-isu-sakau-sabu-saat-live-tvone-boni-hargens-itu-fitnah

https://m.detik.com/news/berita/d-3555691/begini-ciri-orang-yang-sedang-sakau

http://m.detik.com/health/read/2017/07/11/105747/3555454/763/mengenal-hipokalemia-yang-membuat-boni-hargens-tampak-sakau-di-tvone?l992203755

http://m.detik.com/health/read/2017/07/11/135922/3555774/763/benarkah-hipokalemia-seperti-boni-hargens-kambuhan-ini-kata-dokter

Saya terpikir, kok menggebu-gebu bener yah pemberitaannya..
Terkesan orang panik menyembunyikan sesuatu.

Apalagi ada artikel soal 'kambuhan' Hypokalemia, saya jadi terpikir apa berhubung karena si pemilik hidung bukan baru sekali ini terlihat 'kegatelan' pas tampil di tv, lalu dibilang seakan bahwa tiap hidungnya gatel, itu artinya penyakit Hypokalemianya kambuh, jadi masyarakat ga usah mikir macem-macem lah.

Tapi saya pikir, "Sudahlah, mungkin emang lagi pengen bikin berita yang banyak tentang itu kali yak..."

(2) Tapi saya terpikir lagi..
'Pembelaan'nya oleh itu portal berita yang menurut saya amat massive itu apa ada hubungannya ya sama jabatan si pemilik hidung sebagai Dewan Komisaris BUMN Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara. Dan berhubung yang bersangkutan juga dulu adalah 'relawan beliau' pas pilpres..

Namun saya bantah sendiri, "Ah, kayaknya ga lah.. Emang hidungnya gatel karena lagi sakit Hypokalemia aja kali.."

(3) Namun saya kepikiran lagi...
Kalo emang dia hidungnya gatel karena sakit Hypokalemia, mungkin ga sih penyakit yang namanya Hypokalemia itu DIPICU oleh konsumsi sabu-sabu..

Masak iya sih?

Terlebih lagi, saya yang pernah berhadapan langsung dengan 'drug user' dan 'drug abuser', dan menyaksikan sendiri gimana prilaku mereka saat lagi sakaw, teringat bahwa kelakuan 'usap-usap' hidung dan mulut, gelisah, kepala 'gedek-gedek' itu emang ciri pecandu 'lagi butuh'..

Apa iya penyakit Hypokalemia itu ngasih efek yang sama ke penderitanya kaya orang lagi sakaw?
Niat saya, "Ntar ah pas nyampe rumah saya cari tau semuanya habis isya..."

Setelah sampai rumah, hal pertama yang saya lakukan adalah tersadar dan menyesali kenapa tadi saya sampai lupa beli martabak..
(kok martabak lagi yang dibahas...)

Dan barusan saya selesai nyari tau soal rasa penasaran saya yang ketiga tadi...

Ternyata, WALLLAAAHH...

Hypokalemia itu MEMANG BISA disebabkan karena konsumsi Sabu - Sabu !

Jadi kisanak...
Pertama saya cari tau dan gali lebih dalam dulu tentang penyakit Hypokalemia (literasi kedokteran negara kita nyebutnya Hipokalemium).

Nemu banyak artikel, salah satunya ini..
http://emedicine.medscape.com/article/242008-overview

Silakan baca sendiri yak..
Lumayan rinci penjabarannya, intinya kekurangan kadar Kalium dalam tubuh gitu lah...

Lalu saya cari keterkaitan antara Hypokalemia ini dengan konsumsi sabu...

Perlu diketahui oleh kisanak sekalian sebelumnya, Sabu-Sabu itu istilah lainnya di luar sana umumnya disebut dengan nama Crystal Meth (singkatan dari Crystal Methamphetamine), istilah 'gaul'nya Meth, Crank, Chalk, Speed. (Yang pernah nonton serial 'Breaking Bad' pasti tau... :D )

Dan perlu diketahui juga, unsur Kalium (K) ini tidak disebut begitu di luar sana, tapi disebut dengan nama 'Potassium'.

Jadi saya carinya dengan keywords (kalo kisanak mau coba cari sendiri) misalnya 'hypokalemia and crystal meth' atau 'methamphetamine and potassium' atau juga 'does methamphetamine deplete potassium'.

Hasilnya saya nemu banyak, ini diantaranya...

http://toxicology.ucsd.edu/Newsletters/CPCS%20Newsletter%20Methamphetamine.pdf

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0304394098003747
(Effects of neurotoxic doses of methamphetamine on potassium and amphetamine evoked overflow of dopamine in the striatum of awake rats)

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/20608758/
(Effect of methamphetamine on potassium and L-type calcium currents in rat ventricular myocytes.)

Alhamdulillah, tidak tanggung-tanggung sumber yang saya dapat berasal dari penelitian ilmiah resmi oleh para peneliti yang terpercaya dari berbagai universitas (bisa didownload jurnal penelitiannya di situsnya).

Jadi kalo ada yang mau membantah faktanya, minimal harus sertakan jurnal penelitian ilmiah juga yang bisa menyanggah..  :P

Atau kalo perlu bikin penelitian sendiri.. :D

Kalo males baca yang berat-berat, ringkasnya gini...

1. Methamphetamine (Sabu-Sabu) itu bisa dikatakan bersifat diuretik (berfungsi mempercepat pembentukan urine).

2. Prosesnya, Sabu bikin jantung memompa darah lebih kenceng (makanya orang habis nyabu itu punya semangat dan tenaga kaya banteng ngamuk), darah pun mengalir lebih deras dalam tubuh, kerja ginjal sebagai penyaring darah meningkat, hasil saringan darah berupa kotoran semakin banyak, semakin banyak yang dibuang melalui urine.

3. Disebutkan, dalam pembuangan urine ini ada kalium dan mineral lain yang ikut terbuang. Makin sering buang air kecil, makin besar kadar kalium yang terbuang.

4. Methamphetamine (Sabu) yang dikonsumsi jangka panjang, bertahun-tahun, membuat kalium dalam tubuh makin terkikis dari waktu ke waktu. Terlebih jika juga kurang asupan makanan yang mengandung kalium.

5. Pada satu titik, tubuh tak mampu lagi mentolerir hilangnya kalium dalam tubuh karena terkikis tadi, dan... MUNCULLAH HYPOKALEMIA ini..

Begitu wahai kisanak...

Saya TIDAK mengatakan bahwa semua orang yang mengidap Hypokalemia itu PASTI mengkonsumsi Sabu.

Justru umumnya bukan karena konsumsi narkoba yang membuat seseorang terkena Hypokalemia.

Saya pun tidak menuduh bahwa yang bersangkutan adalah pengguna drugs, karena saya pun sangat tidak ingin ada pejabat, bahkan selaku Komisaris BUMN, yang ditunjuk presiden, yang dulu pernah jadi relawan presiden, punya tabiat ga bener.

Bahkan saya sangat berharap bahwa sakit Hypokalemianya dia itu memang karena kekurangan kalium semata, bukan karena dia mengkonsumsi yang haram-haram.

Karena bayangkan, seandainya dia betul adalah pecandu (semoga tidak), bagaimana jika kelak ada seseorang yang misal jadi relawan calon presiden pas kampanye tapi dia adalah koruptor pembunuh, pemerkosa, perampok, bandar narkoba, lalu setelah calon presidennya itu menang dia dengan enaknya duduk dikursi elit pemerintahan hanya karena dia adalah 'relawan'.

Namun yang jelas, jika benar dia punya kelakuan yang sangat negatif itu, (sekali lagi semoga saja tidak...) maka saya tidak rela dunia akhirat atas uang pajak yang saya dan semua orang bayar, yang digunakan untuk memberinya gaji besar dan segala fasilitas pejabat, jika dia belanjakan untuk sesuatu yang begitu hina dan haram.

#Sekian ...

*Sumber: dari fb penulis