Ente paham gak bos @jokowi ?

Brazil sanggup ekspor ayam potong ke Indonesia 15 K sedangkan peternak ayam kita panen harga 18 K di kandang masih rugi....apa yg salah? 

Ente paham gak bos @jokowi ?

-----------

Siap-Siap Daging Ayam Murah Impor Brasil Serbu RI, Cuma Rp15.000/ Kg

Daging ayam impor berpotensi masuk menyerbu pasar domestik. Sebab, menurut Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) I Gusti Ketut Astawa, ada kemungkinan Indonesia kalah di sidang WTO.

Di sisi lain, Ketut menambahkan, Indonesia saat ini juga sudah memasuki pasar bebas. Karena itu, ujarnya, hambatan atau batas-batas di pintu-pintu masuk negara relatif tak lagi ada. 

"Kalau nggak salah, di WTO itu, tinggal 1 kali lagi sidangnya, yang anggotanya 7 orang. Begitu sidang dan mengatakan, kemungkinan 70% kira akan kalah, saat itu lah daging ayam Brasil akan masuk. Dengan harga yang lebih murah, dengan harga Rp12-15 ribu (per kg)," kata Ketut dalam Forum Mitra Praja Utama 2024, Jumat (17/5/2024).

Jika dibandingkan dengan harga daging ayam produksi dalam negeri, harga daging ayam impor itu jauh lebih murah, bahkan lebih dari setengahnya.

Saat ini saja, Panel Harga Badan Pangan mencatat, harga daging ayam hari ini, Jumat (17/5/2024) turun Rp10 jadi Rp38.060 per kg dari sehari sebelumnya. Namun, sepekan lalu, 10 Mei 2024, harga daging ayam tercatat masih di Rp37.880 per kg. Artinya, harga daging ayam di dalam negeri masih cenderung naik.

Baca juga :