Ini Profil 4 Pelaku Teroris Moskow, Semua Masih Hidup dan Langsung Digiring ke Pengadilan

[PORTAL-ISLAM.ID] MOSKOW — Empat orang pelaku serangan di Crocus City Hall dibawa ke pengadilan pada Minggu (24/3/2024) pasca tertangkap di perbatasan Rusia – Ukraina

Dilansir Moscow Times (25/3), para pelaku yang telah menyebabkan 137 orang tewas itu dituntut hukuman penjara seumur hidup, kata pernyataan dari Pengadilan Distrik Basmanny Moskow.

Mereka diperintahkan untuk ditahan hingga 22 Mei, namun hal itu dapat diperpanjang tergantung kapan tanggal persidangan mereka ditetapkan.

Pihak berwenang mengatakan para tersangka adalah warga negara asing.

Menurut media Rusia dan anggota parlemen Alexander Khinstein, beberapa tersangka berasal dari Tajikistan, bekas republik Soviet yang mayoritas penduduknya Muslim dan berbatasan dengan Afghanistan.

Meskipun sudah ada klaim dari ISIS, para pejabat Rusia sejauh ini belum mengomentari klaim tersebut, dan malah menyatakan bahwa para tersangka memiliki hubungan dengan Ukraina.

PROFIL TERORIS MOSKOW:

1. Dalerjon Mirzoev - 32 tahun, Imigran Ilegal dari Tajikistan, visa kerja overstay, ayah dari 4 anak kecil.

2. Saidakrom Rachabalizoda - 28 tahun, diduga lahir di Tajikistan, tinggal di Moskow.

3. Shamsiddin Fariduni - 24, Lahir di Tajikistan, pekerja pabrik, ayah dari bayi berusia 8 bulan.

4. Muhammadsobir Fayzov - 19 tahun, Penata rambut, dibawa dengan tandu ke pengadilan. Bola matanya copot waktu penangkapan.

Semuanya dilaporkan telah didakwa berdasarkan "Undang-Undang Teroris" Rusia atas dugaan keterlibatan mereka dalam serangan teroris Balai Kota Crocus.

Ancaman hukuman maksimalnya adalah penjara seumur hidup.

(Sumber: Tass, Ria, Sputnik)
Baca juga :