TREN "Desak Anies" Kalahkan "Gemoy" Yang Turun Drastis

Desak Anies "mendesak" Gemoy?

Oleh: Ismail Fahmi (founder Drone Emprit)

Malem-malam gini iseng lihat perbandingan trend pemberitaan dan percakapan tentang Gemoy dan Desak Anies, di berita online dan Twitter/X.

Hasilnya menarik. 

Dalam seminggu terakhir, trend pemberitaan di online news terkait "Gemoy" mulai turun drastis mulai tanggal 15 Desember 2023, beberapa hari setelah debat pertama capres. 

Di sisi lain, pemberitaan terkait "Desak Anies" mulai naik dan mengalahkan "Gemoy" mulai 22 Desember, dan puncaknya 26 Desember jauh meninggalkan Gemoy.

Desak Anies vs Gemoy di Twitter/X

Sementara itu di Twitter/X, "Desak Anies" mulai tanggal 24 Desember trendnya mengalahkan "Gemoy", dan puncaknya tanggal 27 Desember 2023 dengan 35k mention vs 6 mention.

Banyak yang mengapresiasi Desak Anies karena menghadirkan politik gagasan, berani mengambil resiko diroasting langsung oleh masyarakat, dan kalau salah jawab bisa jadi gol bundir (bunuh diri). 

Namun, melihat sebaran Twitter ini masih kalah jauh dibandingkan dengan Facebook dan TikTok menurut hasil survey Mas @BurhanMuhtadi, kubu 01 harus belajar dari kubu 02 dalam memperluas konten Desak Anies ini khususnya di TikTok.

👇👇  
Baca juga :