[BREAKING] Jubir Al-Qassam: 2 sandera warga AS (seorang ibu dan putrinya) dibebaskan, untuk membuktikan kepada rakyat Amerika dan dunia bahwa klaim yang dibuat oleh Biden salah besar!

Pernyataan Hamas terkait pembebasan sandera: Menanggapi upaya Qatar, Brigade Al-Qassam membebaskan dua warga negara Amerika (seorang ibu dan putrinya) karena alasan kemanusiaan, dan untuk membuktikan kepada rakyat Amerika dan dunia bahwa klaim yang dibuat oleh Biden dan pemerintahan fasisnya adalah salah dan tidak berdasar.

***

[Berita Reuters]

Para sandera yang dibebaskan oleh Hamas diidentifikasi sebagai ibu dan anak perempuan di wilayah Chicago

Dua sandera Amerika yang dibebaskan pada hari Jumat (20/10/2023) oleh sayap bersenjata Hamas diidentifikasi sebagai penduduk wilayah Chicago Judith Tai Raanan dan putri remajanya Natalie Shoshana Raanan, yang menurut Israel sudah berkumpul kembali dengan keluarga di pangkalan militer Israel.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan ibu dan putrinya diculik oleh militan Islam Hamas dari Kibbutz Nahal Oz, tempat mereka tinggal selama serangan mendadak terhadap Israel selatan dari Gaza pada 7 Oktober.

Judith Raanan, 59, dan putrinya Natalie, 17, mengunjungi kibbutz, sekitar satu mil dari perbatasan Gaza, sebagai bagian dari perjalanan ke Israel yang dimulai pada bulan September untuk merayakan hari raya Yahudi dan ulang tahun ke-85 ibu Judith. Media berita Amerika melaporkan, mengutip kerabat sebagai sumbernya.

Pasangan tersebut diserahkan kepada pasukan Israel di perbatasan Jalur Gaza dan "dalam perjalanan ke tempat pertemuan di sebuah pangkalan militer di pusat negara itu, di mana anggota keluarga mereka sedang menunggu mereka," kata Netanyahu dalam sebuah pernyataan.

Ibu dan putrinya kemudian difoto dalam sebuah gambar yang dimuat oleh media Israel yang menunjukkan mereka berjalan bersama sekelompok personel berseragam Pasukan Pertahanan Israel (IDF) yang mengawal mereka dari perbatasan beberapa saat setelah pembebasan mereka. Keduanya tampak sehat saat mereka dituntun melewati kegelapan yang terang sambil bergandengan tangan dengan seorang pria berjalan di antara mereka.

Presiden AS Joe Biden berterima kasih kepada Qatar dan Israel atas kemitraan mereka dalam menjamin pembebasan kedua wanita tersebut.

Para wanita tersebut termasuk di antara sekitar 200 sandera yang menurut Hamas disandera selama serangan mematikan yang dilakukan pasukannya dari Jalur Gaza terhadap komunitas dan pangkalan militer di Israel selatan, yang merupakan bagian dari serangan paling berdarah di negara itu sejak perang Arab-Israel tahun 1973.

Hamas mengatakan 50 tawanan lainnya ditahan oleh kelompok bersenjata lainnya di wilayah pesisir Palestina. Dikatakan lebih dari 20 sandera tewas akibat serangan udara Israel, namun belum memberikan rincian lebih lanjut.

'LANGKAH PERTAMA' PEMBEBASAN

Tidak jelas mengapa warga Raanan dipilih sebagai sandera pertama dari serangan 7 Oktober yang dibebaskan, kecuali juru bicara sayap bersenjata Hamas, Brigade Izz el-Deen al-Qassam, mengatakan mereka dibebaskan "untuk alasan kemanusiaan" sebagai tanggapan terhadap mediasi Qatar.

Laporan media di Amerika mengatakan pasangan itu berasal dari Evanston, daerah pinggiran Chicago, Illinois. Mantan koresponden NBC News Timur Tengah Martin Fletcher mengatakan kepada MSNBC bahwa keluarga Raanan adalah kerabatnya.

Stasiun penyiaran publik Israel, Kan, melaporkan bahwa keduanya berkewarganegaraan ganda Israel-Amerika.

Hamas sebelumnya menggambarkan tawanan berkewarganegaraan asing sebagai tamu yang akan dibebaskan jika keadaan memungkinkan, tanpa mengatakan apakah itu termasuk warga Israel yang berkewarganegaraan ganda.

Sebuah sumber yang mengetahui tentang negosiasi sandera tersebut menyebut pembebasan kedua orang Amerika tersebut sebagai “langkah pertama,” dan menambahkan, “diskusi sedang berlangsung untuk pembebasan lebih lanjut.”

Teman-temannya menggambarkan Judith Raanan kepada New York Times sebagai seorang seniman dan juru masak terampil makanan Israel yang mengabdi pada keyakinan Yahudinya, yang menjadi dasar lukisannya, dan menjaga hal-hal halal di rumahnya. Dia baru-baru ini bekerja sebagai pembantu rumah tangga untuk orang lanjut usia, lapor Times.

Saudara laki-laki Natalie Raanan, Ben Raanan, mengatakan kepada Denver Post bahwa saudara perempuannya sedang mempertimbangkan apakah akan mencari pekerjaan di industri fashion, menjadi desainer interior, atau magang sebagai seniman tato.

OPSI ISRAEL TERHAMBAT

Israel menanggapi serangan 7 Oktober, yang menewaskan 1.400 warga Israel, dengan menggempur Gaza dengan serangan udara, menewaskan lebih dari 4.000 orang, dan mengatakan pihaknya akan bertindak untuk membebaskan para sandera sekaligus memusnahkan Hamas.

Israel telah mengumpulkan tank dan pasukan di dekat perbatasan daerah kantong tersebut untuk melakukan invasi darat, dan menyerukan warga Palestina untuk mengevakuasi bagian utara Gaza, yang menurut Israel merupakan tempat persembunyian Hamas.

Pilihan Netanyahu untuk menyerang Hamas pasti akan terhambat oleh kekhawatiran akan keselamatan para tawanan Israel yang ditangkap dalam serangan tersebut, karena negara yang dilanda krisis penyanderaan di masa lalu mungkin menghadapi krisis terburuk yang pernah ada.

Netanyahu telah bersumpah untuk melakukan “balas dendam yang besar,” namun nasib tentara Israel, orang lanjut usia, wanita dan anak-anak yang disandera dan dibawa ke Gaza mempersulit Israel memenuhi janji tersebut sambil mematuhi prinsip lama untuk tidak meninggalkan siapa pun.

Para pejabat Amerika dan Inggris mengatakan mereka telah bekerja sama dengan Qatar untuk menjamin pembebasan sandera, termasuk warga negara mereka sendiri, yang ditahan di Gaza. Negara lain yang warganya ditawan antara lain Thailand, Argentina, Jerman, Prancis, dan Portugal.

Juru bicara Brigade Izz el-Deen al-Qassam, Abu Ubaida, mengatakan Hamas membebaskan kedua warga AS tersebut “untuk membuktikan kepada rakyat Amerika dan dunia bahwa klaim yang dibuat oleh Biden dan pemerintahan fasisnya adalah salah dan tidak berdasar."

(Sumber: Reuters)
Baca juga :