"ALLAHUMMA AJIRNI MINANNAR"

ALLAHUMMA AJIRNI MINANNAR

Penulis: Dody Kurniawan

Judul diatas adalah potongan dari kalimat doa Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam yang artinya: "Ya Allah, selamatkanlah aku dari siksa Api Neraka".

Doa tersebut beliau lantunkan setiap selesai shalat Maghrib dan Shalat Subuh masing-masing sebanyak tujuh kali dengan lafadz hadits sebagai berikut:

 إِذَا انْصَرَفْتَ مِنْ صَلَاةِ الْمَغْرِبِ فَقُلْ اللَّهُمَّ أَجِرْنِي مِنْ النَّارِ سَبْعَ مَرَّاتٍ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ ثُمَّ مِتَّ فِي لَيْلَتِكَ كُتِبَ لَكَ جِوَارٌ مِنْهَا وَإِذَا صَلَّيْتَ الصُّبْحَ فَقُلْ كَذَلِكَ فَإِنَّكَ إِنْ مِتَّ فِي يَوْمِكَ كُتِبَ لَكَ جِوَارٌ مِنْهَا

"Jika engkau selesai dari shalat Maghrib maka bacalah: ALLAHUMMA AJIRNI MINANNAR sebanyak tujuh kali. Jika kamu baca do'a itu kemudian kamu meninggal pada malam itu juga, maka akan ditetapkan bahwa kamu terbebas dari Neraka. Jika kamu selesai dari shalat subuh maka bacalah do'a itu juga, sebab jika pada hari itu kamu meninggal, maka akan ditetapkan bahwa kamu akan diselamatkan dari siksa Api Neraka." 

(HR. Abu Daud no. 5079. Berkata Al Hafizh Ibnu Hajar: hadits ini HASAN. Nataij al Afkar, 1/162/1-2)

Sebagian ulama mendoifkan hadits ini, namun tidak membahayakan orang yang mengamalkannya, apalagi sebagian dari mereka menshahihkan sebagaimana penilaian Ibnu Hajar diatas. Karena itu Syaikh Bin Baz Rahimahullah berkata:

بعضهم جرحه ؛ لأن التابعي فيه جهالة... فلا بأس إذا قال بعد المغرب والفجر : اللهم أجرني من النار . سبع مرات ، فهو حسن إن شاء الله .

"Sebagian ulama ada yang mengatakan hadits ini cacat karena ada seorang perawi tabiin yang tidak diketahui... Maka tidak mengapa setelah Maghrib dan Subuh membaca: ALLAHUMMA AJIRNI MINANNAR 7 kali. Itu bagus Insya Allah." (Fatawa Nuur 'Alad Darb)

Hal ini dikuatkan lagi oleh hadits lain yang semakna dengan hadits diatas, sebagaimana hadits dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu beliau berkata:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ومن استجار من النار ثلاث مرات قالت النار اللهم أجره من النار

"Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bersabda: Dan barang siapa memohon diselamatkan dari siksa neraka tiga kali maka neraka akan mendoakannya, "Ya Allah, selamatkan dia dariku". (HR. Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah)

Dari hadits yang kedua ini juga menunjukkan kita boleh membaca doa ini kapan saja, karena haditsnya bersifat umum. Semoga Allah menyelamatkan kita semua dari siksa Api Neraka.

Barokallahu fiikum.

Baca juga :