SING PENTING SRUDAK SRUDUK... TOLOL GPP, BEGITULAH BUZZER GP 😁

[PORTAL-ISLAM.ID] Buzzer pendukung GP ini seng penting sruduk sruduk... karena ada huruf EX maka artinya itu pesawat bekas 😁😂

Padahal :
EX itu E: Eagle, karena awalnya jet tempur F-15 itu disebut F-15 Eagle. 
X: itu artinya next generation, type terbaru. Jadi F-15EX itu type jet tempur F-15 Eagle terbaru.

👇👇

Makin Ngeri! Prabowo Borong F-15EX, Jet Tempur Peluncur Rudal Hipersonik dan Tercepat

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menandatangani nota kesepahaman pembelian 24 unit pesawat tempur F-15EX baru dari Amerika Serikat, di The Boeing Company, St. Louis, Missouri, Senin, 21 Agustus 2023. 

"Kami dengan senang hati mengumumkan komitmen kami untuk mendapatkan kapabilitas pesawat tempur F-15EX yang sangat penting bagi Indonesia," kata Prabowo, yang menyaksikan penandatangan MoU itu, dikutip dari situs Boeing.

Pesawat tempur F-15EX yang dibuat oleh Boeing ini merupakan varian terbaru dari keluarga pesawat F-15 dan paling canggih di dunia.

Situs Airforce-Technology menyebut F-15EX – Eagle II adalah pesawat tempur generasi terbaru yang dikembangkan oleh Boeing untuk Angkatan Udara AS (USAF). Ini adalah iterasi terbaru dari F-15 Eagle Mission Design Series dan versi upgrade dari jet tempur generasi keempat F-15.

Pesawat tempur baru ini adalah varian paling canggih dari keluarga pesawat F-15 multi-peran, segala cuaca, dan siang dan malam, menampilkan keterjangkauan, kecepatan, jangkauan, kapasitas muatan senjata berat, tulang punggung digital, dan arsitektur terbuka. 

F-15EX akan memberikan kemampuan untuk membawa sejumlah besar rudal untuk mendukung pesawat F-35 dan memberikan daya tembak untuk menghancurkan ancaman yang terdeteksi oleh F-35 selama operasi tempur.

Jet tempur dua tempat duduk canggih ini memiliki panjang 19,45 m, lebar 13,05 m, dan tinggi 5,64 m. Jet ini memiliki berat kosong 14.500 kg sedangkan berat lepas landas maksimum pesawat adalah 37.000 kg.

Jet dapat meluncurkan senjata hipersonik hingga panjang 22 kaki, memberikan keuntungan dalam konflik jarak dekat di masa depan. Pesawat dapat dioperasikan oleh satu pilot dan memiliki kapasitas muatan yang meningkat.

Jet dipasang dengan sistem peperangan elektronik (EW) baru, sistem kokpit canggih, sensor dan radar modern, serta sistem misi terbaru dan kemampuan perangkat lunak. Jet ini menampilkan arsitektur sistem misi terbuka (OMS) dengan sistem manajemen pertempuran canggih (ABMS), yang memungkinkan integrasi cepat dari teknologi pesawat terbaru dan mempertahankan relevansi platform selama beberapa dekade.

OMS juga akan memberikan kemampuan untuk beroperasi secara mandiri saat dalam isolasi dan terhubung kembali ke jaringan cloud global saat kondisinya memungkinkan.
Pesawat ini akan dilengkapi dengan kontrol penerbangan fly-by-wire dan radar active electronically scanning array (AESA) APG-82(V)1, yang akan menawarkan jangkauan yang diperluas dan peningkatan kemampuan lintasan multi-target dan keterlibatan presisi.

Radar ini akan memberikan kemampuan untuk mendeteksi, mengidentifikasi dan melacak beberapa target udara dan permukaan pada jarak yang lebih jauh, mendukung pengambilan keputusan yang lebih cepat dan terinformasi selama konflik.

Jet tempur F-15EX ditenagai oleh dua mesin F110-GE-129, dengan masing-masing menghasilkan daya dorong 29.000 lb.

Pesawat dapat terbang dengan kecepatan Mach 2,5, yang menjadikannya jet tempur tercepat di dunia. Jet ini memiliki jangkauan 1.200nm yang memungkinkannya untuk menyerang target yang dalam.

[VIDEO]
Baca juga :