Setidaknya ada 3 point penting dari solusi Anies terhadap Transportasi Publik

[PORTAL-ISLAM.ID]  SALAH SATU KESUKSESAN ANIES BASWEDAN MEMIMPIN JAKARTA... adalah Integrasi Transportasi Publik yang dinamakan JAKLINGKO.

JakLingko merupakan sistem transportasi terintegrasi yang meliputi integrasi fisik, integrasi layanan, integrasi manajemen, maupun integrasi pembayarannya.

Sistem integrasi JakLingko meliputi layanan armada yang dijalankan oleh PT Transjakarta, seperti BRT (Metrotrans dan Minitrans), dan non-BRT (Miktrotrans). Juga transportasi berbasis rel seperti MRT Jakarta dan LRT Jakarta. 

Nama JakLingko diambil dari dua makna kata, yaitu Jak yang berarti Jakarta dan Lingko yang bermakna jejaring atau integrasi (diambil dari sistem persawahan tanah adat di Manggarai, Nusa Tenggara Timur).

JakLingko mulai dicanangkan pada 15 Juli 2020 oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam video ini Anies menerangkan proses lahirnya JakLingko.

Setidaknya ada 3 point penting dari solusi Anies terhadap transportasi publik ini:

1. Anies selalu berfikir dasar masalahnya. Sehingga solusinya adalah solusi jangka panjang. Tidak sekedar "ga bisa beli rumah, rubah gaya hidup", "ga bisa beli daging, makan bekicot".

2. Anies melibatkan pengusaha untuk memikirkan rakyat tanpa memaksa pengusaha atas nama rakyat.

3. Anies berani mengeluarkan subsidi untuk rakyat, yang selama rezim Jokowi malah lebih banyak dihilangkan (subsisi untuk rakyat biasa dihilangkan, tapi subsidi untuk orang kaya/mampu malah jor-joran, seperti subsidi mobil/motor listrik, subsidi kereta cepat, dll).

[VIDEO]
Baca juga :