Jokowi Pastikan Kaesang Tak Maju di Pemilihan Wali Kota Depok

[PORTAL-ISLAM.ID]  Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan putra bungsunya, Kaesang Pangarep tidak bakal maju dalam Pemilihan Wali Kota Depok 2024. Hal ini Jokowi sampaikan saat bertemu dengan 19 pemimpin redaksi atau pemred media di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Agustus 2023. 

"Enggak (maju Pilwakot), dia mau jualan pisang, jadi enggak bener dia mau jadi wali kota," kata Jokowi kepada para pemred, Kamis. 

Sebelumnya, Kaesang mendapat dukungan dari Partai Solidaritas Indonesia untuk maju dalam Pilwakot Depok 2024. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI Kota Depok, Icuk Pramana Putra menjelaskan salah satu dukungan diberikan melalui banner besar yang terpampang di salah satu jalan di Depok. Icuk mengatakan dukungan DPD PSI kepada Kaesang sebagai calon wali kota sudah genjar dilakukan sejak akhir Maret 2023.

"Selama dua bulan terakhir kader-kader kami menyampaikan usulan ini kepada masyarakat Depok," kata Icuk. 

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani juga menyatakan partainya siap mendukung Kaesang Pangarep jika ingin maju dalam Pemilihan Wali Kota Depok 2024.

"Gerindra akan mendukung bila beliau akan maju menjadi calon wali kota Depok," kata Muzani di GOR Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu, 10 Juni 2023.

Menurut Muzani, kabar majunya Kaesang dalam bursa wali kota Depok merupakan kabar yang menggembirakan. Menurut dia, hal ini akan menggairahkan anak muda di kota tersebut.

"Karena kota itu perlu sentuhan anak muda yang memiliki kreativitas dan inovasi yang lebih baik agar Kota Depok bisa lebih inovatif dan kreatif, karna itu adalah kota di mana UMKM bertumbuh dengan baik dan menjadi pusat ilmu karena berbagai macam perguruan tinggi ada di sana," kata Muzani.

Jika Kaesang menjadi Wali Kota, Muzani yakin kepemimpinannya bakal membuat Kota Depok menjadi lebih kreatif dan imajinatif.

Adapun Kaesang tak menjawab pertanyaan wartawan soal kabar dia akan maju di Pilwalkot Depok. Dalam acara pembukaan gerai bisnisnya Sang Pisang x Yang Ayam di Sawangan, Kaesang tidak menggubris pertanyaan ihwal rencananya maju Pilkada 2024 sebagai Depok pertama.

Ditanya berkali-kali mengenai langkah politik sebagai bakal calon Wali Kota Depok, Kaesang tidak memberikan komentar apapun. Dia memilih untuk meladeni permintaan swafoto.

Baca juga :