Anies Menjawab soal Kedekatan dengan FPI dan Habib Rizieq

[PORTAL-ISLAM.ID]  Bacapres dari Koalisi Persatuan untuk Perubahan (KPP) Anies Baswedan disebut dekat dengan Front Pembela Islam (FPI) dan Habib Rizieq Shihab. Pasalnya, FPI diketahui turut andil memenangkan Anies di Pilgub DKI Jakarta 2017.

Kemudian, Anies ditanya soal apakah bakal mendukung FPI jika terpilih menjadi Presiden pada Pilpres 2024.

Menanggapi hal itu, Anies menegaskan bahwa dirinya dekat dengan semua organisasi berbasis agama apapun yang ada di Jakarta.

“Saya dekat dengan semua organisasi yang ada di Jakarta. Baik yang berbasis agama Islam, Kristen, Hindu, Budha, semua saya jangkau,” kata Anies di acara Desak Anies di Pos Bloc, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Selasa (15/8/2023), lansir Liputan6.

Menurut Anies, ketika maju pada Pilgub DKI 2017, dia bahkan sowan ke tokoh-tokoh agama yang ada di DKI Jakarta. Anies pun tak menampik kunjungannya ke FPI memang mendapat sorotan yang besar.

“Ketika periode kampanye 2016-2017, saya mengunjungi tokoh-tokoh agama semuanya. Tapi hanya kunjungan ke FPI yang menjadi berita luar biasa. Ketika bertemu dengan komunitas Nasrani, Hindu, Komunitas Budha, itu tidak menjadi eksposure (sorotan) yang besar,” jelasnya.

Anies menuturkan, saat menjabat Gubernur DKI Jakarta dia juga mendukung semua organisasi yang memiliki legalitas dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Hal itu, ujar Anies, sudah menjadi tugas seorang gubernur untuk memastikan kesetaraan bagi warganya.

“Bukan saya pribadi, tapi gubernur. Tugas gubernur adalah berkomunikasi dengan semua, memfasilitasi semua dan harus mengedepankan prinsip kesetaraan dalam membuat kebijakan. Tidak berat sebelah, untuk semua kelompok, baik agama, etnis,” pungkasnya.(*)
Baca juga :