Robert of St. Albans, Tentara Salib yang menjadi seorang Muslim, Dari musuh Islam menjadi pahlawan Muslim

Robert of St. Albans, Tentara Salib yang menjadi seorang Muslim 

Dari musuh Islam menjadi pahlawan Muslim 

Robert of St. Albans adalah seorang Templar Inggris yang tiba di Tanah Suci (Yerusalem) dengan semangat di matanya dan antusiasme di hatinya untuk memerangi umat Islam. Namun, tak lama setelah bertemu dengan Muslim setempat dan belajar tentang Islam, adat istiadat, dan nilai-nilainya, dia tidak bisa menahan diri untuk memeluk agama Islam.

Pertobatan Robert ke Islam menyebabkan keterkejutan dan kekecewaan yang signifikan di antara Tentara Salib Kristen, yang menyebabkan niat buruk dan penurunan moral di antara para Templar pada umumnya. Setelah menerima Islam, dia terdaftar di tentara Sultān Ṣalāḥ ud-Dīn al-Ayyūbī dan diangkat sebagai jenderal, memimpin sebuah divisi dalam Pertempuran Ḥaṭṭīn yang menentukan, pada tahun 1187. Dia juga berpartisipasi dalam pengepungan dan merebut kembali Yerusalem dari Tentara Salib Kristen .

Sebagai pengakuan atas keberaniannya, Sultan Ṣalāḥ ud-Dīn al-Ayyūbī memberinya izin untuk menikahi keponakan Sultan. Namun, Allāh memiliki rencana yang berbeda, karena Robert ditakdirkan untuk kembali kepada Allāh tak lama setelah Yerusalem direbut kembali.

(@ClarifyingLight)

Baca juga :