Mengaku Muslim Tapi Malah Tidak Menghormati Bulan Ramadhan

AHLAN WA SAHLAN YA RAMADHAN

By Azwar Siregar

Beberapa hari lagi, insya Allah, kita akan tiba dan bertemu kembali dengan Bulan Ramadhan yang mulia. Bulan Suci yang penuh dengan barokah, bulan mulia yang bertabur dengan ampunan.

Mungkin saja bagi sebagian orang Ramadhan selalu sama. Tapi Ramadhan juga selalu berbeda. Kalau dikaitkan dengan kenangan. Kalau diikatkan dengan harapan.

Sebagai seorang Muslim, harapan saya, semoga Ramadhan kali ini, tidak ada lagi segala macam provokasi, yang sayangnya berkali-kali malah dilakukan Umat Islam sendiri.

Misalnya seorang yang mengaku Muslim/Muslimah, tapi masih nekad membuka Warung di siang bolong, untuk melayani orang-orang yang tidak berpuasa. Berarti anda adalah seorang Muslim/Muslimah yang tidak menghormati Ramadhan. Tidak menghormati Bulan Mulia di Agama anda sendiri.

Tidak usah terlalu "lebay" melakukan pembelaan dan pembenaran. Misalnya dengan mengatakan Buka Warung di Siang Hari dengan terpaksa karena mencari nafkah.

Karena di Bulan Ramadhan, justru rezeki semakin melimpah. Khususnya buat Penjual Makanan dan Minuman. Buktinya di setiap Bulan Ramadhan akan banyak bermunculan Pedagang Musiman khusus Bulan Ramadhan.

Hanya saja waktunya yang perlu kita geser. Misalnya jualan dini hari untuk sahur dan sore menjelang magrib untuk berbuka puasa. Bahkan malam biasanya semakin ramai orang mencari makanan setelah sholat Tarawih.

Jadi tolonglah berhenti memalukan dan mempermalukan iman dan Islam kita. Di satu sisi percaya kalau Allah SWT sebagai Pemberi Rezeki, tapi di sisi lain merendahkan keimanan kita sendiri dengan melanggar aturan Allah SWT, hanya karena takut kehilangan rezeki.

Sebaliknya terhadap saudara-saudara kita yang Non Muslim, atau mereka yang tidak berpuasa, kita juga tidak seharusnya berharap berlebihan. Kalau mereka menghormati Ibadah kita, ya Alhamdulillah. Tapi kalau misalnya ada yang tidak perduli, ya kita anggap ujian iman dan berkah Ramadhan.

Semoga Ramadhan tahun ini bisa membawa keberkahan untuk Negeri ini. Bukan saja untuk Umat Islam, tapi untuk semua bangsa dan negara. Karena Islam itu adalah Rahmatan Lil Alamin.

20/03/2023

(fb)
Baca juga :