Sepanjang 2022: Kematian 5 Sosok yang Hebohkan Dunia

[PORTAL-ISLAM.ID] Tahun 2022 menjadi masa peralihan dunia dari pandemi Covid-19. Seluruh negara bergandengan tangan untuk terbebas dari virus yang telah merenggut banyak nyawa itu.

Perlahan, beberapa negara mulai terbebas dari Covid-19. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga sudah mengumumkan pencabutan PPKM pada Jumat (30/12/2022).

Pada tahun 2022 juga terdapat sejumlah tokoh dunia yang tutup usia. Berikut lima sosok yang kematiannya menghebohkan dunia:

1. Shinzo Abe

Pertengan tahun 2022, dunia dihebohkan dengan kematian mantan PM Jepang Shinzo Abe. 

Shinzo Abe mati setelah ditembak ketika menyampaikan pidato di wilayah Nara, pada Jumat, 8 Juli 2022.

Shinzo Abe kemudian dilarikan ke rumah sakit dengan pendarahan setelah pingsan akibat ditembak. Namun nyawanya tak tertolong.

Shinzo Abe meninggal pada usia 67 tahun. 

Dia menjadi Perdana Menteri Jepang ke-90 dan ke-98, masa jabatan 26 Desember 2012 – 16 September 2020.

2. Mikhail Gorbachev

Tokoh dunia berikutnya yang meninggal dunia adalah Mantan Presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev wafat dalam usia 91 tahun pada Selasa, 30 Agustus 2022.

"Mikhail Gorbachev berpulang malam ini setelah mengidap penyakit menahun yang serius," kata kantor berita Interfax, mengutip pernyataan dari Rumah Sakit Klinik Pusat Rusia.

Gorbachev dimakamkan di Permakaman Novodevichy di Moskow, bersebelahan dengan istrinya Raisa yang wafat pada tahun 1999.

Gorbachev berjasa mengakhiri Perang Dingin tanpa pertumpahan darah tetapi gagal mencegah runtuhnya Uni Soviet.

Di bawah kepemimpinannya, Uni Soviet mencapai kesepakatan pengurangan senjata dengan Amerika Serikat dan kemitraan dengan kekuatan Barat.

Kesepakatan itu mengakhiri kebijakan Tirai Besi yang memisahkan negara-negara Eropa sejak Perang Dunia Kedua dan membawa reunifikasi Jerman.

3. Ratu Elizabeth II

Penguasa Britania Raya Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun pada 9 September 2022. Kabar duka tersebut disampaikan langsung oleh pihak Istana Buckingham.

“Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral pada petang ini. Upacara bagi raja dan ratu akan diadakan di Balmoral malam ini dan akan dibawa ke London pada besok hari,” disampaikan dalam pernyataan Istana Buckingham.

Ratu Elizabeth II tercatat sebagai Ratu penguasa Inggris yang paling lama berkuasa. 

4. Mahsa Amini

Iran mendapat kecaman luas internasional hingga saat ini imbas kematian tragis seorang wanita bernama Mahsa Amini.

Mahsa Amini adalah wanita Teheran, Iran, yang meninggal dunia ketika ditangkap pada Selasa, 13 September 2022.

Amini mengalami koma setelah ditahan polisi syariah akibat pakaiannya yang tidak sesuai dengan ketentuan pemerintah setempat. Dia kemudian dikabarkan meninggal dunia.

Meninggalnya Amini karena perkara moral berpakaiannya mendorong masyarakat Iran berbondong-bondong turun ke jalan. Kematiannya dinilai janggal. Ia diduga akibat kekerasan di dalam sel tahanan.

Demonstrasi besar-besaran terjadi hingga memicu bentrokan dengan polisi ibu kota. Kerusuhan akibat protes meninggalnya Amini bahkan mengakibatkan meninggalnya tiga nyawa.

5. Pele

'Sang Legenda' sepak bola Brasil Pele bisa dibilang pemain terhebat yang pernah ada. Dia meninggal dunia pada 30 Desember 2022 di usia 82 tahun di Sao Paulo, Brasil.

Pele tutup usia di Rumah Sakit Albert Einstein di Sao Paulo, Brasil, Jumat (30/12/2022) dini hari WIB.

Pelé yang terlahir dengan nama Edson Arantes do Nascimento adalah legenda sepakbola, satu-satunya pemain di dunia (hingga saat ini) yang berhasil membawa negaranya (Brasil) menjadi Juara Piala Dunia sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1958 di Swedia, tahun 1962 di Chili, dan tahun 1970 di Meksiko.