British Airways Perkenalkan Seragam Baru Awak Kabin dengan Memakai Hijab

[PORTAL-ISLAM.ID]  Pernahkah Anda melihat seorang pramugari dengan jumpsuit atau hijab? Tidak, kan? 

Tapi British Airways kini meluncurkan seragam barunya untuk pertama kalinya dalam 20 tahun. 

British Airways adalah maskapai nasional Inggris dan perusahaan penerbangan terbesar di negara tersebut.

Menariknya, awak kabin wanita maskapai ini sekarang akan mengenakan jumpsuits dan pilihan hijab juga disertakan. 

Koleksinya dibuat oleh perancang busana dan penjahit Inggris, Ozwald Boateng, OBE.

Siapakah Ozwald Boateng, OBE dan dari mana dia mendapatkan inspirasinya?

Ozwald Boateng, OBE adalah seorang perancang busana Inggris, yang terkenal karena ciri khasnya pada penjahitan klasik dan gaya pesanan. Dia bekerja selama lima tahun dengan Boateng untuk membuat seragam. Dia mengambil inspirasi dari pergerakan udara di atas sayap pesawat dan para pekerja yang terbang di pesawat, dan menciptakan pola gelombang udara di jaket, t-shirt, kancing, dan dasi. Semua pakaian baru menampilkan kain jacquard.

Koleksi ini juga menampilkan celana panjang dan gaun bergaya reguler dan slim fit, pilihan rok dan celana panjang untuk wanita, serta jumpsuit modern – yang merupakan yang pertama di maskapai penerbangan. Pilihan tunik dan jilbab juga telah dibuat untuk pembawa global.
Sean Doyle, Chairman, dan CEO British Airways, menuturkan seragam mereka adalah representasi ikonik dari merek yang mereka miliki, sesuatu yang akan membawa mereka ke masa depan, mewakili yang terbaik dari Inggris modern dan membantu mereka memberikan layanan asli Inggris yang luar biasa untuk pelanggan perusahaan mereka.

“Sejak awal, ini tentang orang-orang kami. Kami ingin membuat koleksi seragam yang akan dikenakan oleh orang-orang kami dengan bangga dan dengan bantuan lebih dari 1.500 kolega, kami yakin telah mewujudkannya.” ujar Sean Doyle, dikutip dari laman Financial Express.

Sementara itu, perancang seragam baru British Airways, Ozwald Boateng, mengungkapkan, bahwa merancang seragam ini adalah pekerjaan yang sangat berat dan melelahkan dan jauh melampaui pakaian. Itu tentang menciptakan perubahan energik secara internal.

“Salah satu tujuan utama saya adalah menciptakan sesuatu yang berbicara kepada, dan untuk, rekan maskapai. Sesuatu yang menginspirasi dan memberdayakan mereka, mendorong mereka untuk menjalankan peran mereka dengan bangga dan yang terpenting memastikan bahwa mereka merasa dilihat dan didengar. Meskipun maskapai ini memiliki warisan yang kuat, sangat penting untuk mendukung dalam menciptakan narasi baru tentang perubahan dan transendensi, dengan tetap menjaga ketepatan waktu.” sebutnya.

Emma Carey, awak kabin British Airways, yang merupakan salah satu kolega yang melakukan uji coba rahasia seragam tersebut, mengatakan, bahwa hal itu merupakan kehormatan dan tanggung jawab nyata untuk membantu menguji seragam baru dan mengujinya pada ketinggian 35.000 kaki hingga pastikan itu sesuai dengan tujuan, dengan ribuan rekan yangmengandalkannya.

“Sangat menyenangkan melihat bahwa penyesuaian dilakukan setelah umpan balik kami. Kantung di celemek, misalnya, diperlebar setelah uji coba sehingga kami memiliki lebih banyak ruang untuk semua yang kami butuhkan selama layanan makan di pesawat. Saya tidak sabar menunggu pelanggan kami melihat koleksi baru.” ungkap Emma Carey.