Survei Voxpol Center: Publik Nilai Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Bersih dari Korupsi, Percaya?

[PORTAL-ISLAM.ID]  Masyarakat merasa pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin bersih dari tindak pidana korupsi. Hal itu terpotret dari hasil survei Voxpol Center Research and Consulting. 

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menerangkan persepsi itu dilatari pertanyaan yang dilayangkan terhadap responden. Pertanyaan itu yakni seberapa bersih atau tidak pemerintahan Jokowi-Ma'ruf dari praktik korupsi dan suap. 

"Dalam hal terbebas dari praktik suap dan korupsi penilaian publik tergolong rendah," kata Pangi saat paparkan hasil riset di Jakarta Selatan, Jumat (23/12/2022). 

Pangi membeberkan, jumlah responden yang menyatakan pemerintah saat ini tidak bersih dari praktik suap dan korupsi sebesar 37%. Sementara responden yang menyatakan pemerintahan bersih dari praktik rasuah sebesar 43%. Sedangkan masyarakat yang menyatakan tidak tahu sebesar 20,1%.

Lebih lanjut, Pangi membeberkan persepsi masyarakat terhadap kinerja pemerintah akan pemberantasan korupsi terbilang buruk. Dari hasil surveinya, sebanyak 43,4% responden menyatakan tak puas kinerja pemerintah terhadap pemberantasan korupsi. "Hanya 41,8% yang menganggap pemerintah sudah bekerja dengan baik," tutur Pangi.

Kendati demikian, Pangi merasa secara umum pemberantasan korupsi masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah. Pasalnya, tingkat kepuasan publik terhadap pemberantasan korupsi masih kurang puas. 

"Secara umum penilaian di tiga sektor yakni, bersih dari praktik korupsi dan suap, penegakan hukum dan pemberantasan korupsi masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah saat ini karena penilaian dan kinerja pemerintah di bidang ini masih rendah dan masih dalam kategori buruk," kata Pangi. [sindonews]