Naniek: Edyannnn! Bayangkan orang paling kaya Indonesia dipegang orang China Singapura, yang konon jadi WNI karena bisnisnya banyak di Indonesia, dia dijuluki Raja Batu Bara

Catatan: Naniek S Deyang

Geser Hartono Bersaudara, Low Tuck Kwong Jadi Orang Terkaya Indonesia.

Pundi-pundi kekayaan Low Tuck meningkat pesat sejak awal tahun ini. Pada awal 2022, kekayaan pria yang dikenal dengan julukan Raja Batu Bara itu sebesar 3,7 miliar dollar AS atau setara Rp 57,72 triliun.

Bayangkan orang paling kaya Indonesia dipegang orang China Singapura, yang konon jadi WNI karena bisnisnya banyak di Indonesia. Dia kaya karena bisnis pertambangan, yaitu batu bara. Edyannnn..

Tambang kita dikerukin orang asing, emas dikeruk Amerika dan China, Nikel dikeruk orang China, batu bara dikeruk oligarki dan China Singapura kayak yang sekarang kaya raya ini, plus komprador pejabat yang jadi kaki tangan orang China dan negara China.

Jangan nangis ya kalau sebentar lagi kita orang Indonesia hanya jadi penonton. Kenapa? Jangankan tambang, di tetangga desa saya banyak tanah dibeli orang asing dengan modus membeli atas nama orang daerah di situ, atau pura-pura menikah dengan orang desa.

Gak hanya itu, banyak cafe, hotel, restoran, sampai panti pijat dan karaoke esek-esek dimiliki orang asing. Jadi inikah Indonesia jaya itu? Sebaliknya cobalah Anda orang Indonesia investasi yg kelas2 gurem kayak gitu di LN, sampai ubanan juga susah.

(fb)