[HOAX] Untuk Pertama Kalinya Ibunda Anies Baswedan Kritik Keras Jokowi: Dia Lebih Pentingkan IKN dan Infrastruktur!!

[PORTAL-ISLAM.ID] Beredar verita Ibunda Anies Baswedan, Aliyah Rasyid mengkritik keras kebijakan pemerintahan Joko Widodo. 

Kritik Ibu Anies jelas menjadi sebuah kejutan di dunia politik Tanah Air, sebab selama ini Aliyah Rasyid sama sekali tak pernah berbicara politik apalagi mengeritik pemerintah.

Perlu diketahui, ibunda Anies Baswedan Prof. Dr. Hj. Aliyah Rasyid Baswedan, M.Pd. adalah dosen dan guru besar emeritus Universitas Negeri Yogyakarta.

Menurut Prof. Aliyah Rasyid, saat ini pemerintahan Joko Widodo terkesan lebih mementingkan Proyek perpindahan Ibu Kota Negara(IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur serta fokus pada pembangunan infrastruktur lainnya mulai dari tol hingga bendungan. Pemerintah dinilai menomorduakan pembangunan sumber daya manusia. 

Kritik ibu dari calon presiden usungan Partai NasDem ini disampaikan kepada pengamat politik sekaligus pakar hukum tata negara Refly Harun, kritik itu disampaikan Aliyah Rasyid lewat pesan singkat Whatsapp yang dibacakan dalam sebuah tayang video di saluran Youtube Refly Harun sebagaimana dilansir Populis.id dari Katalogika.com Minggu (11/12/2022). 

“Karena pemerintah lebih pentingkan proyek IKN dan infrastruktur lainnya,” ujar Refly bacakan pesan Whatsapp Prof. Aliyah Rasyid.

Refly mengaku baru mengenal sosok emak dari Anies saat melakukan interview awal Desember lalu. 

Selama ini kata Rely, dirinya memang tak pernah kenal dekat dengan ibunda Anies Baswedan yang seorang  dosen di sebuah perguruan tinggi di Yogyakarta dan menyandang gelar S3 dari Universitas Negeri Jakarta itu.  

“Saya juga baru kenal beliau,” ungkapnya tersenyum.

Sebagaimana diketahui, Prof. Aliyah Rasyid selama ini tak pernah berbicara politik apalagi mengkritik pemerintah, dia memang sering tampil bareng putranya ketika Anies Baswedan masih menjabat Gubernur DKI Jakarta beberapa waktu lalu, namun dirinya tak sekalipun berbicara politik. 

Adapun Anies Baswedan saat ini sudah dicapreskan oleh NasDem untuk diusung pada Pilpres 2024 mendatang. NasDem saat ini sedang menggodok koalisi bersama PKS dan Demokrat untuk menentukan calon wakil presiden pendamping Anies Baswedan. 

Pencapresan Anies Baswedan juga disinyalir sebagai pemicu retaknya hubungan Surya Paloh dan Jokowi. Harus diakui Anies Baswedan selama ini selalu digambarkan sebagai tokoh yang berseberangan dengan Jokowi. 

HOAX

Setelah dilakukan penelusuran untuk cek fakta, tidak ditemukan video pada kanal Refly Harun terkait Aliyah Rasyid mengkritik proyek IKN. 

Video terkait Anies Baswedan, IKN dan Jokowi ditemukan pada kanal Refly Harun dengan judul "XKLUSIF JIKA JADI PRESIDEN! SOAL IKN, ANIES BLAK-BLAKAN INI! BEDA DENGAN JOKOWI?!" yang diunggah pada 10 Desember 2022. 

Video tersebut merupakan sesi wawancara antara Refly Harun dengan Anies Baswedan yang ditayangkan secara live. Dalam kesempatan itu, Anies menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan netizen diantaranya soal proyek IKN. 

Dengan demikian, pemberitaan Aliyah Rasyid mengkritik proyek IKN adalah tidak benar alias hoax. Faktanya, tidak ditemukan informasi terkait pada kanal Refly Harun.

INI VIDEO REFLY HARUN TERKAIT ANIES DAN IKN...