Viral Video Sedih Kakek Ini Hanya Bisa Termenung Pasrah di Depan TV Usai Analog Dimatikan, Netizen: Ini Bisnis Siapa?

[PORTAL-ISLAM.ID]  Viral sebuah video yang beredar di sosial media yang memperlihatkan seorang kakek tampak pasrah tak bisa menonton televisi usai TV analog dimatikan.

Lewat video yang dibagikan oleh akun TikTok @caplinjosirwan, seorang kakek renta terlihat terduduk diam di samping televisinya yang tak menyala.

Dalam video tersebut, sang kakek tampak sesekali memandang ke arah perangkat televisinya namun kemudian memandang ke arah lain dengan pandangan kosong.

Menurut keterangan yang diberikan sang pemilik akun dalam videonya, secara tak langsung mengisyaratkan bahwa mereka tak mampu membeli Set Top Box (STB) untuk mengganti siaran TV analog menjadi TV digital.

"Astagfirullah, sebenarnya ini bisnis siapa, kami jangankan beli alat-alat digital, buat makan aja susah, TV aja cuma beli Rp 300 ribu," tulis sang pemilik video.

Dalam unggahannya tersebut, bahkan sang pemilik akun sempat menduga bahwa peralihan TV analog ke TV digital merupakan sebuah bisnis petinggi-petinggi hingga turut melayangkan kritikan.

"Kebangetan banget kalian yang maha mempunyai segala-galanya," pungkas @caplinjosirwan.

Tak disangka, video tersebut lantas viral dan cukup banyak menarik perhatian publik. Lewat kolom komentar terlihat netizen turut kasihan melihat sang kakek.

Selain itu ada pula netizen yang menjelaskan bahwa STB seharusnya sudah dibagikan secara gratis sebelum TV analog dimatikan.


"Ya Allah jadi nangis kasihan orang-orang di desa yang udah terbiasa nonton TV gak bisa bayangin..," tulis @vio***

Ya Allah kasian banget embah kakung," ketik @eka***

"Ya Allah kasihan mbah nya... mau nonton TV aja udah gak bisa... kami rakyat kecil gak muluk-muluk kok mintanya..... tolong kasihani kami rakyat kecil..," tambah @ind***

"Seharusnya sebelum TV digital di resmikan set top box sudah di bagikan gratis," ujar @riy***

Sebelumnya diketahui bahwa TV analog resmi disuntik mati oleh pemerintah di wilayah Jabodetabek sejak 2 November 2022 hal tersebut ternyata berdampak kepada beberapa rakyat yang belum turut mendapatkan pembagian STB gratis dari pemerintah, salah satunya kakek yang tengah viral tersebut.[suara]
@caplinjosirwan

♬ Astaghfirullah (Album Version) - Haddad Alwi