Sekilas Monarki Qatar

Sekilas Monarki Qatar

Qatar itu negara kecil di jazirah arab, penduduknya tak sampai 3 juta jiwa, tapi memiliki 12% cadangan gas alam di dunia. 

Qatar menggelontorkan dana 220 milyar USD atau 3,4 kuadriliun rupiah buat jadi tuan rumah Piala Dunia 2022. 

Qatar sempat diembargo ekonomi selama 4 tahun oleh Arab Saudi, Mesir, Oman, UEA, Bahrain. Alasannya, karena emir Qatar terang-terangan membantu faksi Hamas di Palestina yang menguasai Gaza. 

Penguasa Qatar saat ini Syekh Tamim bin Hamad bin Khalifa al-Tsani naik tahta menjadi Emir Qatar setelah ayahnya (Sheikh Hamad bin Khalifa al-Tsani) menyerahkan kekuasaan dalam pidato yang disiarkan televisi pada 25 Juni 2013.

Sheikh Hamad bin Khalifa al-Tsani adalah Emir Qatar dari tahun 1995 hingga 2013. Ia naik tahta setelah melakukan kudeta tahun 1995 ketika ayahnya, Emir Khalifa bin Hamad al-Tsani yang tengah berlibur di Swiss. 

Qatar menjadi pusat kantor berita Al Jazeera

Walau beraliran Sunni, Qatar bersahabat dengan Iran yang beraliran Syiah. Kedua Negara bahkan berbagi pengelolaan gas alam di teluk Persia. 

Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad bin Khalifa al-Tsani dikenal suka olah raga dan dunia olah raga. Dia juga fasih berbahasa Prancis dan Inggris.